USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Gelar Lokakarya Visi Keilmuan Program Studi, FKIP USD Siapkan Revitalisasi Kurikulum

diupdate: 1 bulan yang lalu

Lokakarya Visi Keilmuan Program Studi, FKIP USD, Kamis 13 Juni 2024 di Ruang Koendjono (Foto: FKIP)

USD-Kamis, 13 Juni 2024, di Ruang Koendjono Gedung Pusat Kampus II, Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan (FKIP) menggelar lokakarya secara hybrid yang bertajuk 'Visi Keilmuan Program Studi di FKIP USD’. Lokakarya yang diikuti oleh segenap Kaprodi, Wakaprodi, dan Koordinator Praktik Keguruan dan Pusat Sumber Belajar di FKIP ini menghadirkan Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd., pakar Desain Kurikulum dan Pendidikan Guru dari Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Dalam sambutannya, Dekan FKIP, Drs. Tarsisius Sarkim, M.Ed., Ph.D. menyampaikan bahwa tujuan utama dari lokakarya ini adalah merumuskan visi keilmuan program studi dan mempersiapkan revitalisasi kurikulum untuk semua program studi di FKIP USD.

Sementara itu, dalam pemaparannya, Prof. Joko menyampaikan pentingnya visi keilmuan dalam proses penyusunan kurikulum yang berfokus pada pengembangan teknologi dan aplikasi inovatif, serta menjawab tantangan di bidang ilmu pengetahuan dan kehidupan. Dalam pemaparan tersebut, Prof Joko juga menyampaikan mengenai akan adanya perubahan panduan penyusunan kurikulum yang sesuai dengan PermendikbudRistek No. 53 tentang Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi yang akan segera diluncurkan.

Lokakarya Visi Keilmuan Program Studi, FKIP USD, Kamis 13 Juni 2024 di Ruang Koendjono (Foto: FKIP)

Setelah berproses bersama Prof. Joko, lokakarya dilanjutkan dengan diskusi internal mengenai implementasi visi keilmuan programstudi dan time line revitalisasi kurikulum untukma sing-masing program studi. Diskusi ini bertujuan untuk memastikan visi keilmuan dapat diterapkan dalam tri dharma perguruan tinggi: pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Hasil dari lokakarya ini diharapkan dapat membantu FKIP USD dalam merumuskan dan mengimplementasikan visi keilmuan program studi yang relevan dan kontekstual.

(AGN/OAL-FKIP)

  kembali