USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

PMAT USD Terima Program Bantuan Program Studi Menjadi Model Center of Excellence MBKM 2021

diupdate: 1 tahun yang lalu





Program Studi Pendidikan Matematika (PMAT), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Sanata Dharma (USD) berhasil mendapat Program Bantuan Program Studi Menjadi Model Center of Excellence (CoE) Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI seperti yang diumumkan di https://dikti.kemdikbud.go.id. PMAT USD menjadi salah satu dari 48 program studi dari perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia yang menerima bantuan skema 2.

Untuk memulai mempersiapkan program tersebut, PMAT USD melakukan penyusunan kurikulum untuk mengimplementasikan program kampus merdeka. Pada tanggal 24 April 2021, dari Laboratorium Micro Teaching PMAT USD mengadakan Talk Show Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar secara live streaming di kanal Youtube Pendidikan Matematika USD dan dengan Zoom. Ketua Program Studi PMAT USD, Beni Utomo, M.Sc. dan Wakil Ketua Program Studi PMAT USD, Maria Suci Apriani, S.Pd., M.Sc. menjadi  narasumber dalam talk show tersebut. Talk show dihadiri 170 mahasiswa PMAT USD dari perwakilan angkatan yang masih aktif. Narasumber menyampaikan kegiatan-kegiatan yang mendukung pelaksanaan skema 2 yaitu pertukaran pelajar, magang/praktek kerja, asistensi mengajar di satuan Pendidikan, penelitian/riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi independent, dan membangun desa/Kuliah Kerja Nyata tematik.

Putri, mahasiswa PMAT angkatan 2020, sangat tertarik dengan yang disampaikan narasumber, bahwa mahasiswa diberi kesempatan untuk belajar di luar program studi di perguruan tinggi yang sama dan maksimal 2 kali 20 SKS untuk belajar di luar program studi PMAT di luar perguruan tinggi lain, bisa di perguruan tinggi maupun lembaga yang yang menjadi mitra pelaksanaan kegiatan ini.

Varance Pascal dari Calculus-Home Schooling juga hadir dalam talk show untuk menambahkan materi tentang betuk kerjasama yang bisa dilakukan mahasiswa untuk magang. Pertukaran pelajar pun bisa dilakukan dengan mahasiswa perguruan tinggi dari luar negeri.

(mds)

  kembali