USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Penerjunan Mahasiswa KKN USD Angkatan LXVII: “Bersinergi Bersama Masyarakat: Membangun Negeri”

diupdate: 4 bulan yang lalu

x

USD - Rabu, 3 Januari 2024, Sebanyak 825 mahasiswa Universitas Sanata Dharma diterjunkan dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN). Upacara penerjunan mahasiswa KKN angkatan ke-67 ini berlangsung di Auditorium Driyarkara Universitas Sanata Dharma, Kampus II USD, Mrican. Upacara penerjunan dipimpin langsung Rektor USD didampingi oleh para Wakil Rektor, Kepala LPPM,  Kepala Pusat KKN dan para Dosen Pendamping Lapangan (DPL).
 
KKN Angkatan ke-67 periode semester gasal tahun akademik 2023/2024 mengambil tema “Bersinergi Bersama Masyarakat: Membangun Negeri”. Melalui tema ini, para mahasiswa diharapkan mengalami perjumpaan nyata dengan kehidupan masyarakat dan bekerja bersama untuk membangun kehidupan yang lebih baik. 

x
 
Kepala Pusat KKN USD, Dr. Sebastianus Widanarto Prijowuntato S. Pd., M. Si, dalam laporannya menyatakan bahwa peserta KKN USD akan ditempatkan di beberapa wilayah di Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.
 
“Pembekalan KKN sudah dilaksanakan sejak bulan Oktober hingga Desember 2023. Pelaksanaan KKN berlangsung sejak 3 Januari 2024 sampai 31 Januari 2024. Peserta KKN yang bertempat di daerah Ketapang akan diberangkatkan pada 4 Januari 2024 sampai dengan bulan Februari 2024,” ungkapnya. 
 
Widanarto juga menambahkan bahwa selama pembekalan, peserta KKN mendapat materi dari berbagai pihak termasuk mengenai Pemilihan Umum (Pemilu) oleh  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Jaminan Keselamatan Kerja oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), dan materi Safeguarding dari Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) USD. 

x
 
Dalam sambutannya Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, SJ., S.S., Ph.D, menyatakan bahwa seluruh peserta KKN akan menjadi warga global yang tentunya akan berakar dalam realitas lokal. 
 
“Berjumpa dan terlibat adalah dua kata kunci yang penting. Kalian akan diperkaya dengan pelbagai macam perjumpaan diantara kalian sendiri, sekaligus juga akan berjumpa dengan masyarakat. Kalian juga diajak untuk untuk terlibat, berinteraksi, membangun koneksi dan bersinergi menjalankan program-program pemberdayaan masyarakat,” tutur Romo Bagus. 
 
Rektor juga berharap agar perjumpaan dan keterlibatan dalam kegiatan KKN dapat dinikmati dan dimaknai. 

x
 
“Semoga kalian menikmati perjumpaan, melibati seluruh celah keterlibatan itu dengan hati yang terbuka tetap sehat, tetap gembira, membawa energi kedamaian, kerukunan, juga kaum muda yang mendalam bukan hanya kaum muda yang sering ditampilkan gampang mengikuti arus.”pungkasnya.

Puncak penerjunan mahasiswa KKN angkatan ke-67 dilakukan dengan penyerahan bendera dan kartu KKN oleh Rektor USD kepada perwakilan mahasiswa sebagai bentuk simbolisasi perutusan misi KKN USD.  
 
(BR/EI)
 

  kembali