FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Leadership Training HMPS: Membangun Koordinasi dan Sinergi dalam Berorganisasi

Organisasi akan dapat berjalan maju dengan cepat bila terbangun komunikasi dan koordinasi di antara anggota-anggotanya. Sebagai organisasi kemahasiswaan di tingkat program studi, HMPS Sejarah merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan berorganisasi.

Pada tanggal 4-5 Maret 2023, HMPS mengadakan kegiatan Latihan Kepemimpinan untuk melatih koordinasi dan tata kelola organisasi di Omah Watu Blencong, Kulon Progo. Adapun tema yang diangkat adalah “Membangun Koordinasi dan Sinergi dalam Berorganisasi.” Kegiatan ini sudah dinanti-nantikan para pengurus baru HMPS 2022-2023 sehingga demi kesuksesan dan kelancaran acara, panitia HMPS telah mempersiapkan acara ini sedari bulan Februari. Kegiatan pelatihan kepemimpinan tersebut diawali dengan doa di kompleks kampus Fakultas Sastra lalu berangkat bersama-sama ke lokasi pelatihan.

Perjalanan dari kampus menuju lokasi pelatihan memakan waktu kurang lebih satu jam. Sesampainya di lokasi, peserta segera mengatur barang-barang bawaannya maupun perlengkapan untuk kegiatan.

Acara pelatihan kepemimpinan diawali dengan sambutan ketua panitia, dilanjutkan dengan sambutan dari wakil ketua prodi. Kemudian sekitar pukul 18.30 inti dari kegiatan ini pun dimulai, yakni pemaparan materi dari Heri Setyawan serta sharing dari ketua dan wakil HMPS periode sebelumnya.

Pada prinsipnya, sebagai anak jaman, segenap pengurus dan anggota HMPS Sejarah perlu mengembangkan kerja sama atau kolaborasi. Kegiatan-kegiatan di HMPS menjadi wadah bagi para pengurus dan anggota HMPS untuk bertumbuh secara genuine sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya. Di samping itu melalui kegiatan HMPS khususnya dengan terlibat dalam kepanitiaan, para pengurus dan anggota HMPS dapat bertumbuh dalam menyiapkan kegiatan, bertemu dan bekerjasama dengan banyak pihak.

Setelah mendengarkan penyampaian materi, acara disambung dengan sesi tanya jawab, ice breaking, kemudian makan malam. Program kerja dari masing-masing tim juga turut dibahas.

Hari kedua diawali dengan sarapan bersama, dilanjutkan permainan. Permainan menjadi kesempatan bagi para pengurus HMPS untuk melatih kerjasama dan lebih mengenal satu dengan yang lain. Permainan ini berjalan dengan penuh kegembiraan.

Setelah bersih-bersih dan makan siang, acara Latihan Kepemimpinan ditutup. Segenap peserta kembali ke kampus secara bersama-sama.

Kembali