USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Universitas Sanata Dharma: Mempererat Tali Silaturahmi

diupdate: 3 minggu yang lalu

x

Selasa, 26 Maret 2024, Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat bermakna bagi saudara kita umat muslim di dunia, karena bulan ini salah satu bulan yang suci. Di mana setiap umat muslim akan menjalankan kewajiban untuk berpuasa menahan segala godaan duniawi. Universitas Sanata Dharma menyelenggarakan acara Buka Puasa Bersama di Hall Gedung Utama, Kampus III Paingan Kegiatan buka puasa bersama ini dihadiri oleh jajaran pimpinan USD., dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa muslim di USD, serta perwakilan beberapa perguruan tinggi sahabat, tokoh masyarakat dan warga sekitar turut menghadiri kegiatan tersebut.
 
Acara dimulai pada pukul 16.30 WIB. Buka Puasa Bersama sebagai kegiatan rutin diselenggarakan dalam rangka menjalin dan mempererat tali silaturahmi keluarga besar USD. Dalam sambutannya, Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, SJ., S.S., Ph.D., menyampaikan bahwa Buka Puasa Bersama di lingkungan civitas USD selalu menjadi kesempatan yang sangat istimewa. 

“Masa puasa adalah masa yang bermakna, sangat mendalam maknanya untuk saudara saudari kita umat Muslim dan saat yang bersamaan, umat Kristen juga melakukan olah batin yang kurang lebih sama, mati raga masa Prapaskah. Ini momen keagamaan yang membawa umatnya untuk membersihkan diri dari banyak hal yang mengganggu dari segala hal,” ungkapnya.
 
Rektor juga mengungkapkan kegembiraannya bahwa buka puasa bersama membuka kesempatan berjumpa satu sama lain dalam semangat untuk saling merekatkan hubungan yang lebih dasariah. 
 
“Sangat gembira melihat para tamu undangan yang turut hadir dalam kesempatan yang istimewa, kita sangat menghargai perjumpaan ini. Sore hari ini kita berkumpul bersama untuk makan bersama dan juga mendengarkan pemaknaan rohani atas semua usaha niat baik. Kita yang berkumpul di sini punya tekad untuk membersihkan diri dan bisa menyatukan energi ini untuk bangsa kita untuk kebaikan umat manusia. Selamat berbuka, selamat berjumpa satu sama lain dalam semangat untuk menyucikan diri agar kita semakin layak di hadapan Tuhan dan semakin tulus di dalam mengabdi masyarakat kita” tambahnya.

x
 
Dalam kesempatan buka puasa bersama ini, tausiyah disampaikan oleh Ustad Ryan Rahadiansyah, S. Pd. Beliau menyampaikan pentingnya makna membangun solidaritas dalam menjalankan ibadah puasa.
 
“Kita diberikan rezeki yang lebih, ingatlah kita akan sesama manusia berbagi kepada orang lain yang membutuhkan. Karena bukan hanya urusan ibadah saja agama itu melatih atau pun mengajarkan kita selaku pemeluknya, tetapi justru ada sikap empati, perhatian kepada orang lain yang mungkin membutuhkan pertolongan kita. Jika kita dititipkan harta berlebih, ilmu berlebih, kemampuan apapun yang bisa kita berikan kepada orang lain, maka berikanlah. Ambil hikmah dari berpuasa ini. Ini menjadi kesempatan kita dan puasa Ramadhan bukan hanya tentang menahan haus, lapar, dan dahaga. Tetapi bagaimana kita bisa menikmati nilai-nilai spiritual di bulan suci Ramadhan.”  pesan Ustad Ryan.
 
Kegiatan Buka Puasa bersama memang telah menjadi acara rutin bagi keluarga besar USD, meskipun demikian, setiap penyelenggaraannya selalu menjadi hal yang sangat berkesan. Hal ini disampaikan oleh Ocha, seorang mahasiswa Informatika yang turut hadir dalam acara ini.

x

Bukber ini sangat meriah. Setelah pandemi baru dua kali diadakan kembali, dan tahun ini lebih ramai jadi sangat terasa sekali suasana Ramadhan-nya” ungkapnya. 
 
Hal senada juga diungkapkan oleh Dea, mahasiswa Farmasi yang juga anggota Forum Keluarga Mahasiswa Muslim Bina Ukhuwah Dakwah Islamiyah Universitas Sanata Dharma (FKM Budi Utama), menyampaikan kegembiraannya merayakan Ramadhan di kampus Katolik.
 
“Saya sangat senang bisa ikut terlibat hadir dalam kegiatan yang sangat meriah ini. Sebagai umat Muslim di lingkungan yang mayoritas Katolik, saya merasa sangat diterima sebagai keluarga,” ungkapnya. 
 

(YK/BR/CIR/Humas)
 

  kembali