USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Campus Talk by SiDU: Youth Entrepreneurs Forum 2019

diupdate: 3 tahun yang lalu



Untuk meningkatkan daya saing dan menguatkan ekonomi, Indonesia perlu terus meningkatkan pertumbuhan kewirausahaan. Lewat program SiDU Youth Entrepreneurs Forum (YEF), SiDU turut memberikan kontribusinya dalam upaya pengembangan wirausaha-wirausaha baru. SiDU YEF adalah program pengembangan entrepreneur untuk generasi muda Indonesia yang memiliki keinginan besar dalam membangun bisnis dan usaha mandiri. Melalui serangkaian kegiatan, pelatihan dan kompetisi ide bisnis yang dapat dilihat dari web SiDU YEF, SiDU Youth Entrepreneurs Forum menggandeng pengusaha muda sukses Indonesia dalam membagikan pengalaman, prinsip, strategi, tips dan ilmu praktis dalam pengelolaan bisnis.

Program SiDU YEF 2019 diperuntukkan bagi generasi muda Indonesia, usia produktif berusia antara 18 – 25 tahun yang ingin merintis atau mengembangkan bisnis mandiri. Program ini dilaksanakan dalam 3 tahap, SiDU Kompetisi Ide Bisnis, SiDU Campus Talk dan SiDU Entrepreneur Workshop di mana event ini SiDU juga berkolaborasi dengan KOMPAS. Ruang  Koendjono, Lantai 4 Gedung Pusat Kampus 2 Universitas Sanata Dharma (USD) menjadi salah satu tempat pelaksanaan SiDU Campus Talk. Acara  berlangsung pada 12 Maret 2019, dimulai pukul 10.00 – 12.00 WIB.

Registrasi peserta dibuka pada pukul 08.00 WIB, peserta diwajibkan mengisi buku tamu kemudian menerima souvenir seperti buku dan pulpen dari SiDU, setelah memasuki ruangan akan disambut panitia yang memberikan snack. Tempat yang tersedia mulai terisi penuh, tepat pukul 10.00 WIB acara dimulai dengan sambutan oleh Prabowo Adityo yang menjadi pembawa acara. Agenda yang dilaksanakan yaitu sharing program YEF, sharing dari pembicara yang menjadi Founder Amazara Shoes, Uma Hapsari, dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Campus Talk yang diadakan di setiap daerah juga mengundang keynote speaker yang berasal dari kota yang diadakan seminar (entrepreneur lokal).

Uma Hapsari merupakan entrepreneur lokal yang berasal dari Bantul. Sesi sharing ini, Uma menyampaikan pengalaman dari awal memulai usaha sehingga sukses, apa saja yang dijalankan. Terdapat 3 pesan yang disampaikan oleh Uma, yang pertama yaitu: ‘Follow your heart. Not people’s opinion’. Jangan melakukan sesuatu untuk orang lain bahagia, tapi untuk diri sendiri bahagia. Pesan kedua, ‘Look for experience, not money. Learn from the best leader’. Pergilah bekerja untuk mencari pengalaman, tidak melulu masalah uang. Pesan ketiga, ‘Fail and bounce back as many times as possible to get entrepreneurial mindset’. Jangan takut untuk jatuh berkali-kali dan jangan lupa untuk bangkit.

Indah, mahasiswi USD jurusan Manajemen 2018 mengatakan,”saya tahu acara ini dari teman yang share ke grup kelas, karena memiliki waktu luang dan saya adalah mahasiswi jurusan manajemen jadi membuat saya tertarik mengikuti acara ini, selain itu saya memang berniat untuk berbisnis. Yang saya dapatkan dari acara ini adalah motivasi dan inspirasi di mana apa yang kita lakukan harus sesuai dengan kata hati”.

(BSN & Y)

  kembali