USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Konser Kolaborasi 'Melodies of Diversity" bersama Mountain View High School Madrigals

diupdate: 4 minggu yang lalu

 
*

USD, Kamis 4 April 2024, di Ruang Drost Kampus III Universitas Sanata Dharma (USD) diselenggarakan konser kolaborasi antara Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Cantus Firmus Universitas Sanata Dharma dengan Mountain View High School Madrigals, California, USA. Konser kolaborasi ini mengambil tema “Melodies of Diversity: Chords of Unity”

Wakil Rektor IV Universitas Sanata Dharma, Caecilia Tutyandari, Ph.D, menyambut gembira acara kolaborasi ini. 

“Program ini menjadi program yang sangat baik untuk kedua belah pihak. Program ini juga menjadi program kolaborasi internasional kedua yang diselenggarakan bersama dengan Universitas Sanata Dharma. Tentu ini menjadi moment yang sangat berahmat. Dengan kolaborasi ini, kedua belah pihak, baik Universitas Sanata Dharma maupun Mountain View High School bisa belajar bersama mengenai banyak hal lewat kebersamaan yang terbangun. Dari situ juga akan muncul banyak inspirasi yang memperkaya pengetahuan kita masing-masing” ungkapnya. 

*

Dalam kesempatan kali ini, masing-masing kelompok paduan suara berkesempatan menampilkan lagu-lagu yang telah dipersiapkan sebelumnya. Para mahasiswa dari Universitas Sanata Dharma menampilkan lagu-lagu daerah yang menampilkan wajah keberagaman budaya yang ada di universitas ini. Sedangkan para siswa dari Mountain View High School Madrigals menampilkan pesona lagu-lagu barat yang juga menjadi ciri khas dan aliran musik mereka. Meski setiap dari kelompok berkesempatan membawakan lagu, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk tampil bersama dengan membawakan lagu “Ave Verum Corpus” dan “Lir-ilir”. 

Acara ini mendapat banyak kesan positif, salah satunya adalah dari Danietta, salah satu anggota Paduan Suara Mahasiswa Cantus Firmus.

*

“Senang sekali bisa terlibat dalam kolaborasi ini. Kolaborasi ini dipersiapkan dengan waktu yang sangat singkat, hanya dalam waktu dua minggu untuk berlatih enam lagu yang ditampilkan hari ini. Sungguh luar biasa juga kami boleh berdinamika bersama di lagu bersama di lagu Ilir-ilir dan Ave Verum Corpus. Saya merasa suasana sungguh terbangun dan bisa memecahkan kecanggungan yang masih ada ketika pertama kali kami bertemu. Saya berharap supaya setelah ini tetap terjalin hubungan kerjasama yang baik dan di lain waktu bisa diadakan kembali kolaborasi yang lain dengan pihak lain agar semakin diperkaya lewat pengalaman” ungkap mahasiswi program studi matematika ini.

Salah satu peserta dari Mountain View High School Madrigals, Audrey Birnie, juga berkesempatan membagikan pengalamannya setelah mengikuti kolaborasi ini.

*

“Saya merasa sangat bahagia bisa mengikuti konser ini. Saya bahagia karena bisa mengenal banyak orang baru di negara lain. Ini adalah kesempatan pertama saya berkunjung ke Indonesia. Dalam kesempatan yang pertama ini sangat mendapatkan moment yang sungguh mengagumkan, yakni berkolaborasi dan belajar mengenai bahasa dan kebudayaan yang ada di Indonesia. Ini tentu menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan saya percaya bahwa visi misi yang sama-sama kita punya di bidang paduan suara bisa menyatukan kita yang berbeda negara untuk bersama-sama belajar dan memperkaya pengetahuan dan pengalaman” tuturnya. 

(YMA/YKS-Humas USD)

  kembali