USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Formasi Cerdas Humanis II: Membangun Relasi Sehat dan Bebas Kekerasan Bagi Mahasiswa

diupdate: 2 bulan yang lalu

x
 
USD - Sabtu, 9 Maret 2024, Universitas Sanata Dharma (USD) bersama dengan Tim Satgas PPKS (Satuan Tugas Pencegahan dan Penangnan Kekekrasan Seksual) USD mengadakan seminar "Relasi Sehat dan Aman, Bebas dari Kekerasan". Kegiatan ini menjadi bagian dari dengan program kokurikuler Formasi Cerdas Humanis (FCH), yang diperuntukan bagi mahasiswa tahun I. 
 
Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 2000 mahasiswa dini dilaksanakan secara serentak di dua tempat, yaitu Auditorium Driyarkara, Kampus II dan Ruang Drost, Kampus III. Acara dibagi dalam dua sesi dan berlangsung sekitar dua jam setiap sesinya.  
 
Program ini mengundang empat narasumber dari tim Satgas PPKS USD (satu dosen dan tiga mahasiswa) untuk membawakan materi terkait dengan hubungan yang bebas dari kekerasan dan berbeda di setiap tempat dan sesinya.

x
 
Wakil Rektor III USD, Dr. Titik Kristiyani, M.Psi., menuturkan bahwa acara ini penting bagi para mahasiswa agar hubungan interpersonal yang dijalani sehat dan aman.
 
"Setelah berfokus pada penguasaan diri di FCH I, pada FCH II ini sendiri lebih berfokus pada hubungan interpersonal, pada umur-umur mahasiswa mungkin hubungan bersama teman sebaya menjadi hal yang penting sebagai modal tumbuh dan aktualisasi diri bersama, maka hubungan mereka haruslah baik bukan malah menjerumuskan," ungkapnya.
 
Acara ini diisi dengan pembawaan materi dari para narasumber dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Pemaparan materi terbilang cukup informatif dimulai dari materi bias gender, fase dan sifat kekerasan dalam hubungan, tips pencegahan kekerasan, sampai langkah yang harus dilakukan jika sudah mengalami kekerasan dalam berelasi.

x
 
Pista, narasumber sekaligus PIC Sosial Media dari PPKS USD menuturkan bahwa acara ini penting bagi mahasiswa agar mereka tahu bagaimana berelasi yang benar dan tidak toxic.
 
"Tujuan dari adanya program ini pastinya mahasiswa mengetahui dan mengaplikasikan bagaimana berelasi yang benar baik kepada sesama baik itu teman, pasangan, atau dosen sekalipun. Mahasiswa pun secara tidak sadar membawa nama USD dalam diri mereka sehingga ketika berelasi bisa mencerminkan kita sebagai mahasiswa USD yang baik dalam berelasi," ungkapnya.
 
(VS/DKS-Humas USD)

  kembali