USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Pelaksanan Pemungutan Suara di TPS Khusus Kampus USD Berjalan Lancar

diupdate: 2 bulan yang lalu

Suasana Pemungutan Suara di TPS Khusus Kampus USD
 
Yogyakarta (14/02)- Universitas Sanata Dharma Yogyakarta menjadi Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus. Terdapat dua TPS khusus di USD, yakni TPS 909 yang ada di Ruang Teratai dan TPS 910 di Ruang Lontar, Gedung Pascasarjana Kampus II Mrican. Keduanya dibuka mulai pukul 07.00 hingga pukul 13.00 WIB. TPS Khusus yang dibuka di kampus ini menjadi wujud partisipasi USD dalam mendukung pelaksanaan Pemilu 2024.

“USD bersama beberapa perguruan tinggi lainnya mendapat dukungan besar dari KPU dan Bawaslu untuk membuka TPS Khusus. Pendirian TPS khusus ini khususnya untuk memfasilitasi para mahasiswa yang berasal dari luar DIY agar dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024. Tidak hanya itu, beberapa anggota KPPS juga berasal dari unsur mahasiswa. Tentunya hal ini bisa menjadi ajang pembelajaran politik dan merasakan pesta demokrasi dari sudut pandang yang berbeda daripada pemilih pemula lainnya” demikian disampaikan F.X. Made Setianto, Ketua KPPS 909.

Suasana Pemungutan Suara di TPS Khusus Kampus USD

Made menambahkan seluruh proses dalam persiapan hingga pelaksanaan pemungutan suara di TPS khusus dapat berjalan dengan lancar.

”Sejak pembukaan layanan pindah pemilih, hingga pendirian TPS dan KPPS-nya semua bisa kami jalankan dengan lancar. Antusiasme cukup tinggi, beberapa yang tidak bisa difasilitasi di kampus, diarahkan ke TPS lain di sekitar kampus.” tambahnya

Hal yang sama disampaikan oleh Yosaphat Widya Asmara, Ketua TPS 910 mengungkapkan rasa syukurnya bahwa Pemilu di TPS khusus ini berjalan dengan lancar.


Suasana Pemungutan Suara di TPS Khusus Kampus USD

“Pemungutan suara di sini berjalan lancar karena yang datang sebagian besar adalah pemilih dari lingkup USD yang sudah terdaftar karena mengajukan pindah tempat memilih sebelumnya. Antusiasme cukup tinggi, beberapa yang tidak bisa difasilitasi di kampus, diarahkan ke TPS lain di sekitar kampus” ujarnya.

Pemilu yang diadakan di lingkup Universitas Sanata Dharma ini mendapat tanggapan positif dari kalangan mahasiswa yang menjadi pemilih disini.

“Kesan aku setelah mengikuti pemilu di kampus cukup excited karena baru kali ini mengikuti pemilu di luar daerah. Selain itu, Pemilu di kampus ini sangat keren, saya sangat dibantu oleh KPPS yang siap melayani para pemilih yang berasal dari luar DIY untuk menggunakan hak mereka. Iini harus diapresiasi dan diadakan kembali pada pemilu berikutnya,” ungkap Valent, mahasiswi Manajemen asal Cikampek, Jawa Barat.

Suasana Pemungutan Suara di TPS Khusus Kampus USD

Pelaksanaan Pemungutan suara di TPS Khusus 909 dan 910 berjalan dengan tertib dan lancar. Dari hasil rekapitulasi, di TPS 909 pasangan calon presiden nomor 01 (Anies Baswedan-Muhaimin Iskkandar) mendapatkan 15 suara; paslon 02 (Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka) mendapatkan 105 suara; dan paslon nomor 03 (Ganjar Pranowo-Mahfud MD) mendapatkan 73 suara.  

Sementara di TPS 910, pasangan calon presiden nomor 01 (Anies Baswedan-Muhaimin Iskkandar) mendapatkan 15; vs paslon 02 (Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka) mendapatkan 158 ; dan paslon nomor 03 (Ganjar Pranowo-Mahfud MD) mendapatkan 77 suara.
 
(YMA-AFH/Humas USD)

  kembali