USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Sambut Mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)

diupdate: 3 bulan yang lalu

 
dok. Humas USD

USD – Senin, 12 Februari 2024, Universitas Sanata Dharma (USD) menyambut kedatangan mahasiswa inbound  dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 4. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, S. J., S. S., Ph.D., beserta para wakil rektor, para Kaprodi Program Sarjana dan Vokasi, Koordinator MBKM USD, dan para Dosen Modul Nusantara. Kegiatan penyambutan berlangsung di Ruang Seminar Driyarkara, Lt. 2 Auditorium Driyarkara, Kampus II USD.
 
Koordinator PMM angkatan 4 USD, Adhi Surya Nugraha S.Pd., M.Mat., menyampaikan bahwa PMM ke-4 di USD baru berjalan pertama kali sebagai Perguruan Tinggi (PT) penerima di angkatan ke-4.
 
“Mahasiswa yang bergabung di USD sebanyak 138 mahasiswa. Mereka berasal dari berasal dari 35 program studi jenjang sarjana serta 4 program vokasi dari 63 Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta dari berbagai wilayah di Indonesia” ungkapnya.
 
Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, SJ., dalam sambutannya berharap perjumpaan di USD menghadirkan makna yang memperkaya hidup para mahasiswa.

dok. Humas USD
  
“Selamat datang di Universitas Sanata Dharma bagi para mahasiswa peserta program PMM tahun 2024. Tentu ada banyak hal yang mungkin sudah kalian rasakan sebagai sesuatu yang berbeda dari tempat asal. Seperti tema PMM, ‘Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya’, maka saya sungguh berharap perjumpaan-perjumpaan dengan hal yang baru di USD, di Yogyakarta, dan juga dengan realitas yang lebih luas, akan memperkaya Anda semua” tutur Romo Bagus dalam sambutannya.

Dalam kesempatan penyambutan ini, dilakukan pula pengenaan jas almamater USD sebagai simbol penerimaan para peserta program PMM menjadi bagian dari civitas academica USD. Safha Dwi Kayla, dari (Universitas Negeri Medan) dan Yuslan Samad Lasia (Universitas Iqra Buru) mewakili para peserta mengenakan jas almamater USD yang diserahkan oleh Rektor.  Usai penyematan, keduanya mengungkapkan antusiasme dalam mengikuti program PMM di USD.
 
“Saya tertarik dengan Universitas Sanata Dharma karena memiliki akreditasi yang bagus” tutur Shafa. 
 
“Saya teringat pesan dosen saya agar terus belajar budaya dimanapun. Dan lagi, saya melihat Sastra Inggris di Universitas Sanata Dharma bagus, maka saya tertarik untuk belajar di sini,” ujar Yuslan.

dok. Humas USD
 
Selama 1 semester di USD, para mahasiswa program PMM akan belajar di 19 program studi USD.  Selain itu, mereka juga akan mengikuti pembelajaran Modul Nusantara, yang terdiri dari sub kegiatan Kebhinekaan, Inspirasi, Refleksi dan Kontribusi Sosial. Pada kegiatan pembelajran tersebut, mereka akan didampingi oleh 6 orang dosen Modul Nusantara, yakni Patrisius Mutiara Andalas, S.J., S.S., S.T.D., Chandra Halim, S.S., M.A., Dr. Hendra Kurniawan, Beni Utomo, M.Sc., Christina Kristiyani, M.Pd., Ph.D., dan Dr. Luisa Diana Handoyo, M.Si.


BR/CIR/YK
 

  kembali