USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Orientasi Mahasiswa Internasional Peserta Program HAN-SDU Exchange

diupdate: 1 minggu yang lalu

x
 
USD- Jumat, 9 Februari 2024,  5 mahasiswa program pertukaran HAN - SDU Exchange yang berasal dari HAN University Belanda menjalani orientasi di Universitas Sanata Dharma. Orientasi ini membahas tentang beberapa hal yang akan dilakukan oleh para mahasiswa HAN University, diantaranya adalah diskusi matakuliah di program studi Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris. Orientasi para mahasiswa internsaional tersebut difasilitasi oleh Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional (BKHI) USD. Hadir dalam kegiatan orientasi ini Wakil Rektor IV USD, Caecilia Tutyandari, Ph.D; Ketua Program Studi Sastra Inggris, F.X Risang Baskara, Ph.D; serta dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Rina Astuti Purnamaningwulan, M.Hum. 
 
Kelima mahasiswa dari HAN University tersebut adalah Thomas Bosman, Iris van den Boom, Nienke Elisabeth Roosmarijn Reinders, Joes Jinthe van der Burght, dan Blodwen Everlien van der Ham. Mereka akan menjalani program kerjasama tahunan, yakni program perkuliahan selama 1 semester di USD dan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) di Sekolah Budi Utama.

x
 
Orientasi ini membahas tentang beberapa hal yang akan dilakukan oleh para mahasiswa HAN University, diantaranya adalah diskusi matakuliah di program studi Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), prosedur keimigrasian, program internship, serta pengenalan lingkungan Universitas. Para mahasiswa mendengarkan penjelasan dengan antusias dalam diskusi pemilihan matakuliah yang ditawarkan kedua program studi tersebut.
 
Selain itu, prosedur keimigrasian juga menjadi perhatian utama dalam orientasi ini. Para mahasiwa mendapatkan informasi yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan administrasi dan Ijin Tinggal Terbatas (ITAS) yang diperlukan selama masa studi di Indonesia. Tak hanya itu, dalam orientasi ini juga membahas tentang kegiatan PLP.
 
Hal-hal lain yang dibahas dalam orientasi ini termasuk di dalamnya adalah wawasan tentang kehidupan lingkungan kampus. Kelima mahasiswa internasional ini diperkenalkan dengan berbagai fasilitas kampus, kelas-kelas tempat mereka akan menempuh perkuliahan, serta beberapa kegiatan UKM yang dapat diikuti selama masa studi di USD.
 
x

Para mahasiswa nampak sangat antusias dalam mengikuti program orientasi ini, seperti yang diungkapkan oleh Iris van den Boom.

I am very happy to be able to come to Indonesia, looking forward to my time studying here and trying new things about culture, food and more” ungkapnya.
 
Dengan penuh semangat untuk menjalani pengalaman baru, para mahasiwa HAN University siap untuk memulai perjalanan mereka di USD. Mereka siap untuk mengeksplorasi budaya baru, memperluas pengetahuan akademik dan non akademik, serta menciptakan kenangan yang tak terlupakan selama tinggal di Yogyakarta.
 
(VEF - NHS)

  kembali