USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Ekaristi Awal Semester Gasal 2023/2024: Ujian Terhadap Iman Menghasilkan Ketekunan.

diupdate: 1 minggu yang lalu

x

USD – Senin, 12 Februari 2024, mengawali kegiatan perkuliahan semester genap 2023/2024, Campus Ministry Universitas Sanata Dharma (USD) menyelenggarakan Perayaan Ekaristi dengan tema  Ujian Terhadap Iman Menghasilkan Ketekunan”(Yakobus 1:3). Perayaan Ekaristi Awal Semester secara serentak diselenggarakan di kampus I Mrican dan kampus III Paingan. Perayaan Ekaristi di Kapel St. R. Bellarminus Kampus I Mrican dipimpin oleh Romo Florentinus Suryanto Hadi, S. J., sementara di Ruang Drost Lt. 4 Gedung Utama Kampus III Paingan dipimpin oleh Romo Cyprianus Kuntoro Adi, S. J.
 
Tema perayaan ekaristi semester awal genap 2023/2024 ini adalah Ujian Terhadap Iman Menghasilkan Ketekunan” (Yakobus 1:3). Tema ini dipilih sebagai bentuk pengharapan untuk semakin jernih dalam melihat arti kehidupan. Dalam homilinya, Romo Florentinus Suryanto Hadi, S. J. menyampaikan harapannya untuk awal semester yang baru. 
 
“Harus kita pahami bahwa kedalaman dan ketulusan hati sangatlah dibutuhkan dalam menghadapi segala cobaan. Kiranya dalam permulaan semester genap ini, seluruh pembelajaran kita, baik dalam percakapan formal maupun informal, diskusi lintas umur baik ke dosen maupun sesama mahasiswa, kelas belajar, merupakan usaha kita untuk menjadi manusia yang tidak hanya selalu ingin mencobai orang lain, namun manusia yang mampu membaca hal tersirat serta mampu menjadi peka, sehingga kita memiliki kejelian dan kepekaan, serta memberikan buah yang matang bagi sesama,”ungkapnya. 

x
 
Sementara itu, Romo Cyprianus Kuntoro Adi, S. J. dalam homilinya di Paingan menyampaikan pentingnya saling menguatkan dan mendoakan dalam menghadapi tantangan.
 
“Berikanlah waktumu untuk berkembang bersama. Tentu akan ada banyak surprise yang dihadapi. Tahun pertama seringkali membuat kita menjadi tidak bersemangat, namun kita yakin 4 tahun hidup di suatu perguruan tinggi, ini adalah waktu yang menentukan perjalanan masa depan. Ketika kita menempuh pendidikan, kita bisa memandangnya bahwa kita diutus oleh Tuhan. Oleh karenanya, Tuhan pasti memberikan berkat yang cukup. Sehingga ketika kita menerima tantangan yang semakin berat, janganlah lari dan jangan menghilang. Mari kita saling mendoakan, biarlah Tuhan yang bekerja yang menyediakan banyak hal untuk kita,” ujarnya.
 
Rektor USD Albertus Bagus Laksana, S.J. S.S., Ph.D. yang hadir dalam perayaan ekaristi di Kapel St. Bellarminus menyampaikan kata sambutannya untuk memotivasi mahasiswa mencari makna dalam setiap pengalaman studi di kampus.
 
“Saya kira kita semua setuju ada banyak hal yang disyukuri pada semester lalu, banyak yang dipelajari, hal baru didapatkan. Marilah kita semua kumpulkan semua berkat tersebut, kita perbaharui dengan yang baru. Sebagai masyarakat akademis, mari merespon hal tersebut sebagai komunitas yang tanggap dengan banyak hal. Janganlah selalu meminta tanda, namun mintalah khidmat agar kita mampu mencari makna dengan pemaknaan yang lebih bijak dan hati yang lebih terbuka, sehingga semakin bisa meaningful, dan menguatkan sesama”, ungkapnya. 

x
 
Hal senada juga disampaikan Wakil Rektor III, Dr. Titik Kristiyani, M. Psi dalam sambutannya saat perayaan ekaristi di Paingan.
 
“Hari ini sangat kita syukuri bersama, karena kita bisa berkumpul kembali bersama. Kita bersyukur memulai bersama-sama dan mempunyai semangat baru untuk mengawali semester ini. Kita diajak dan diingatkan untuk mengawali semester ini dengan keterbukaan untuk mengikuti proses belajar mengajar. Semoga kita dapat menjalani semester ini dengan baik bersama-sama,” pungkasnya.
 
(BR/CIR/DKS/KSM – Humas)

  kembali