USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

KPU DIY Ajak Mahasiswa USD Nonton Bareng untuk Sosialisasikan Pemilu

diupdate: 3 bulan yang lalu

Susana Nobar dalam Rangka Sosialisasi Pemilu 2024 (dok. Humas)

Rabu, 31 Januari 2024 , Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengadakan acara Nonton Bareng (Nobar) film edukasi Pemilu berjudul "Kejarlah Janji” karya Garin Nugroho, di Ruang Drost Kampus III USD Paingan. Acara ini diselenggarakan sebagai upaya sosialisasi kepada para mahasiswa USD untuk mendorong partisipasi politik pemilih muda. 

Sri Surani, Ketua Divisi Sosdiklih (Sosialisasi Pendidikan Pemilih) Parmas & SDM KPU DIY yang hadir dalam acara menuturkan pentingnya sosialisasi kepada para mahasiswa sebagai pemilih muda.

“Dalam Pemilu 2024 ini, 57 persen pemilih merupakan pemilih pemula dan pemilih muda, sehingga penting bagi KPU untuk melakukan sosialisasi dengan cara yang diminati oleh mahasiswa,” ungkapnya. 
 
Lebih lanjut, Sri mengapresiasi USD yang berpartisipasi aktif dan memfasilitasi proses Pemilu tahun ini. 

"Tidak semua kampus memfasilitasi TPS khusus, Sanata Dharma adalah salah satu kampus yang aktif untuk mewujudkan TPS khusus untuk melayani para mahasiswa dalam memilih", ungkapnya.

KPU DIY bersama Wakil Rektor III USD anggota KPPS 909 USD

Senada dengan hal tersebut, Wakil Rektor III USD, Dr. Titik Kristiyani, M.Psi., mengungkapkan bahwa mendukung pemilu adalah tanggung jawab semua mahasiswa.

“Memastikan Pemilu berjalan dengan damai, jujur dan adil, serta berpartisipasi aktif di dalamnya adalah tanggung jawab semua warga USD, termasuk mahasiswa, sesuai dengan nilai-nilai dasar dan semangat Driyarkara. Saya juga mengapresiasi beberapa orang mahasiswa yang ambil bagian sebagai anggota KPPS,” ungkapnya.

Titik pun tidak lupa berterima kasih kepada KPU telah hadir di USD menyelenggarakan kegiatan yang bisa menjadi pendidikan politik bagi mahasiswa ini. 

"Terima kasih KPU telah hadir di sini memberikan sosialisasi dan pendidikan politik kepada para mahasiswa, terutama bagi yang baru pertama kali mengikuti Pemilu", ungkapnya.

Pada Acara Nobar yang berlangsung selama empat jam ini, KPU DIY juga melakukan edukasi kepada para mahasiswa tentang surat suara dan fasilitas dalam TPS saat pemungutan suara 14 Februari nanti.

(VS/BR-HumasUSD)







  kembali