USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, Fakultas Vokasi Selenggarakan Workshop 'Problem Based Learning'

diupdate: 3 bulan yang lalu

x

USD-Senin, 26 Januari 2024, Fakultas Vokasi Universitas Sanata Dharma (FV-USD) melaksanakan Workshop Pengenalan Problem Based Learning dan Service Learning di ruang kelas 418, kampus III Universitas Sanata Dharma. Kegiatan ini menghadirkan narasumber Mr. Anwari Khairuddin, pengajar dari Nanyang Technological University (paruh waktu) dan Republic Polytechnic Singapore (pensiun). Workshop yang diikuti oleh 16 dosen dari Fakultas Vokasi ini diselenggarakan sepenuhnya dalam Bahasa Inggris.

Workshop ini diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di FV-USD dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL). Dengan model pembelajaran PBL, diharapakan kemampuan critical thinking mahasiswa meningkat. 

Mr Anwari Khairuddin, menyampaikan bahwa PBL telah banyak digunakan sebagai model utama dalam proses pembelajaran di Singapura.

”Setiap hari mahasiswa di Republic Polytechnic Singapore melaksanakan proses pembelajaran menggunakan model PBL. Bahkan mereka memiliki moto ’One Day One Problem’. Sehingga para alumni akan memiliki pemikiran kritis tinggi, mandiri, dan kreatif dalam memecahkan permasalahan,” ungkapnya.

Selain pengenalan PBL, Mr Anwari Khairuddin juga mengenalkan tentang Service Learning yang merupakan pengembangan dari program Pengabdian Masyarakat.

”Semisal dosen sebagai pelaksana dan masyarakat sebagai yang dilayani, maka dalam Service Learning keduanya sama-sama belajar,” ujarnya.

Dari kegiatan workshop ini, Fakultas Vokasi merencakan tindak lanjut berupa perluasan kerjasama dengan berbagai politeknik yang ada di Singapura.  

 
(PS)

  kembali