USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Kunjungi Lokasi KKN, Rektor USD Berkesempatan Berdialog dengan Masyarakat dan Mahasiswa

diupdate: 3 bulan yang lalu

dok. Humas USD

USD - Jumat-Sabtu, 19 dan 20 Januari 2024, Rektor Universitas Sanata Dharma, Albertus Bagus Laksana, S.J., S.S., Ph. D. mengunjungi lokasi dilaksanakannya KKN Universitas Sanata Dharma angkatan 67. Lokasi kunjungan berada di dua titik, yaitu di Kecamatan Karangmojo dan Kecamatan Rongkop, Gunung Kidul serta di desa Samigaluh, Kecamatan Samigaluh dan di desa Kaliagung, Kecamatan Sentolo, Kulon Progo. Dalam kesempatan ini, Rektor banyak berdialog dengan warga dan mahasiswa peserta KKN.
 
Dalam kunjungannya di Gunung Kidul (19/1) Rektor didampingi oleh tim KKN, diantaranya Ketua PKKN, Dr. S. Widanarto Prijowuntato, S.Pd. M.Si; para Dosen Pendamping Lapangan (DPL), yaitu Dominikus Arif Budi Prasetyo M.Si  dan Maria Vincentia Eka Mulatsih S.S., M.A; serta para Asisten Pendamping Lapangan (APL)
 
Dalam kesempatan berdialog dengan warga, Rektor mendengarkan kesan dan masukan dari masyarakat sekitar. Salah seorang warga menyampaikan bahwa kehadiran para mahasiswa memberikan dampak positif bagi warga desa setempat. 

dok. Humas USD

“Mereka sangat kompak dalam melakukan kegiatan KKN di sini. dalam menyiapkan proker dari awal sampai saat pelaksanaan. Sangat kompak, satu sama lain saling melengkapi. Proker mereka sangat bermanfaat bagi masyarakat di dusun Kerdon, karena proker mereka mengangkat potensi lokal yang ada di sini, baik itu kerajinan ataupun produk Jakute (Jahe Kunir Temulawak) yang bahannya diangkat dari kebun milik warga yang ada di wilayah tersebut.” tutur salah satu warga di Kaliagung.

Dari perjumpaan dengan para mahasiswa peserta KKN, Rektor mengungkapkan bahwa ia dapat mengenal lebih dekat dengan mahasiswa maupun para wargan melalui kunjungan ini.
 
“Saya sangat senang, karena KKN angkatan 67 ini terlihat sangat dinamis, meskipun saya belum mengunjungi semua dan tidak mungkin mengunjungi semua. Namun, dari kunjungan saya dua hari ini sangat kelihatan bagaimana para mahasiswa USD terlihat bersungguh-sungguh ingin memahami masyarakat, bergaul dengan masyarakat, bonding dan kemudian melakukan proker-proker untuk kebutuhan masyarakat di segala umur dan segala kebutuhan. Hal tersebut menjadi tanda bahwa para mahasiswa USD yang sedang KKN angkatan 67 ini bisa melihat kebutuhan masyarakat bahkan bisa menanggapinya,” ungkap Romo Bagus.
 
dok. Humas USD

Rektor juga berharap ada perubahan sikap batin para mahasiswa setelah menjalani KKN sehingga bermanfaat bagi proses hidup mereka berikutnya . 
 
“Apapun yang dilakukan oleh para mahasiswa ini di masa depan semoga dipengaruhi oleh perjumpaan mereka yang ada di sini. kesadaran itu mengubah penghayatan para mahasiswa ini nantinya ketika sudah meniti karir, memulai kehidupan yang lebih berperan untuk masyarakat, tetap berpengaruh membentuk sikap-sikap yang sesuai” pungkasnya.

(BR-DKS/Humas)

  kembali