USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Prodi PGSD USD Kembali Menggelar Kursus Mahir Dasar Pramuka 2024

diupdate: 3 bulan yang lalu

x
 
USD – Senin, 22 Januari 2024, Program Studi Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Sanata Dharma (USD) menyelenggarakan pembukaan Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka di Ruang Koendjono Lt. 4 Gedung Pusat kampus 2 Mrican.  Acara pembukaan KMD dihadiri oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY,) GKR Mangkubumi; Wakil Rektor II USD, Dr. Yohanes Harsoyo, M.Si; Dekan FKIP, Drs. Tarsisius Sarkim, M.Ed., Ph.D; Ketua Prodi PGSD, Kintan Limiansih, S.Pd., M.Pd., serta Koordinator Praktik Keguruan PGSD Andreas Erwin Prasetya, M.Pd.
 
Kegiatan KMD diikuti oleh 207 mahasiswa PGSD, yang terdiri dari 148 peserta putri dan 59 putra. Koordinator Praktik Keguruan PGSD, Andreas Erwin Prasetya menyampaikan bahwa KMD adalah bentuk komitmen USD dalam penyiapan guru SD yang profesional. 
 
“Dalam membekali mahasiswa PGSD, Universitas Sanata Dharma berkomitmen dalam membekali calon mahasiswa PGSD dengan memberikan kegiatan rutin seperti KMD, dengan tujuan memberikan skill, keterampilan sekaligus kesiapan mentalitas sebagai guru SD, serta guru pramuka di Sekolah Dasar. Dengan diikuti dengan mahasiswa dari berbagai daerah, besar harapannya kegiatan pramuka ini mampu diaplikasikan di Sekolah Dasar daerah masing-masing para mahasiswa,” ungkap Erwin. 

x

Sementara itu, Wakil Rektor II, Yohanes Harsoyo menyampaikan bahwa relevansi kegiatan Pramuka bagi agenda penyiapan calon guru SD yang tanggap zaman. 

“Menurut saya, relevansi pramuka di zaman ini adalah kemampuannya menjadi penyeimbang aktivitas anak-anak muda sekarang yang lebih berbasis online. Pramuka mampu mendekatkan siswa dengan alam serta mendorong interaksi sosial secara langsung. Dengan adanya pramuka, diharapkan generasi muda mampu menyeimbangkan kegiatan mereka secara baik,” ungkapnya penuh harapan. 
 
Harapan yang besar juga disampaikan Ketua Kwarda DIY, GKR Mangkubumi, saat menyampaikan sambutan dan  meresmikan acara pembukaan KMD 2024.
 
“Saya mengapresiasi upaya yang dilakukan di PGSD Sanata Dharma. Besar harapan saya, semoga pelajaran yang diterima tidak hanya sampai di KMD saja. Lebih baik lagi apabila hingga bisa menjadi pelatih di ranah internasional. Kwarda memang sedang memperbanyak para pelatih. Maka dari itu, sangat luar biasa melihat antusiasme di sini. Semoga pembelajaran ini mampu memberikan banyak pembelajaran sehingga mampu membuat pramuka terus berkembang dan meraih berbagai prestasi,” ungkapnya.

x
 
Acara Pembukaan KMD diakhiri dengan pemberian medali kepada perwakilan mahasiswa sebagai simbol penyerahan mahasiswa PGSD untuk dibina dalam KMD, serta penyerahan bendera Kursus oleh GKR Mangkubumi kepada pemimpin Kursus. 
 
Kegiatan KMD akan berlangsung hingga 27 Januari 2024. KMD tahun 2024 dilaksanakan sepenuhnya secara luring, setelah dua tahun terakhir dilaksanakan secara daring dan hybrid. Kegiatan ini bersifat wajib bagi semua mahasiswa Prodi PGSD, termasuk bagi 44 orang mahasiswa kerjasama dari berbagai daerah di Indonesia. 
 
(CIR/AFH-HUMAS)


  kembali