USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD dan Belmawa Tandatangani Perjanjian Kerja Sama Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 4

diupdate: 3 bulan yang lalu

Wakil Rektor IV USD, Caecilia Tutyandari, Phd., menerima Surat Perjanjian Kerjasama Pelaksanaan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 4 di Jakarta (dok. ASN)

USD - Kamis, 18 Januari 2024, Universitas Sanata Dharma dan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama penyelenggaraan kegiatan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan 4 tahun 2024, di Plaza Insan Pendidikan Berprestasi Kemendikbudristek, Jakarta. USD diwakili oleh Wakil Rektor IV, Caecilia Tutyandari, Ph.D. dan PIC kegiatan PMM 4 USD, Adhi Surya Nugraha, M.Mat. Dalam Perjanjian Kerja Sama tersebut USD menjadi salah satu dari 128 Perguruan Tinggi yang lolos seleksi sebagai Penerima Program PMM 4 yang dipilih oleh para mahasiswa peserta PMM untuk berkuliah selama semester Genap 2023/2024  . 

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) adalah sebuah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman. Program PMM dilakukan melalui perpindahan klaster antar pulau dan memungkinkan pertukaran mahasiswa PTN ke PTS dan sebaliknya. Para mahasiswa peserta PMM akan mendapatkan pengakuan hasil belajar hingga 20 SKS dan berkesempatan mengeksplorasi persatuan dalam keberagaman melalui Modul Nusantara. 

Para mahasiswa peserta program ini sebelumnya telah mendaftarkan secara daring mulai Oktober 2023. Para pendaftar juga telah menjalani seleksi secara administrasi oleh masing-masing perguruan tinggi asal (pengirim) dan seleksi substansi, yaitu survei kebinekaan dan Value Clarification Test (VCAT). Selain itu, para mahasiswa juga menjalani proses persiapan dan pembekalan pada bulan Desember 2023 oleh perguruan tinggi penerima.

Menurut PIC PMM 4 Universitas Sanata Dharma, Adhi Surya Nugraha, M.Mat., USD akan menerima 145 mahasiswa yang berasal dari PT di luar klaster pulau Jawa. 

"Terdapat 145 mahasiswa yang dinyatakan lolos seleksi PMM Angkatan 4 dan memilih Universitas Sanata Dharma sebagai PT tujuannya. Para mahasiswa tersebut berasal dari 66 perguruan tinggi yang tersebar di Indonesia. Mereka akan mulai mengikuti perkuliahan perdana pada hari Senin, 12 Februari 2024," ungkapnya.
 
 
(ASN, AFH - Humas)
 

  kembali