USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

15 mahasiswa KKN Angkatan 67 diterjunkan di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat

diupdate: 3 bulan yang lalu

X

USD - Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 67 Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yang akan berdinamika di Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat, telah diberangkatkan pada Kamis, 4 Januari 2024 yang lalu. KKN Ketapang ini diikuti oleh lima belas mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Psikologi. Sebanyak lima desa menjadi lokasi berkaryanya mahasiswa peserta KKN. Kelima desa ini meliputi Desa Menyumbung, Desa Randau, Desa Balai Semandang, Desa Serengkah, dan Desa Terusan. Peserta dibagi menjadi lima kelompok yang beranggotakan tiga mahasiswa.

Sejak pukul 05.30 WIB (4/1/2024), peserta sudah berkumpul di depan Auditorium Driyarkara untuk melakukan persiapan akhir. Penerjunan KKN 67 Universitas Sanata Dharma di Ketapang diantar oleh dua dosen yaitu Dr. Sebastianus Widanarto P., S.Pd., M.Si. selaku kepala PKKN USD dan J. B. Judha Jiwangga, M.Pd. selaku DPL KKN 67. Perjalanan dari kampus 2 Universitas Sanata Dharma menuju Pelabuhan Tanjung Mas Semarang ditempuh menggunakan bis.

X

Perjalanan via laut ditempuh menggunakan kapal feri antar pulau dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang menuju Pelabuhan Ketapang, Kalimantan Barat. Pejalanan memakan waktu kurang lebih tiga hari dua malam. Para rombongan dosen dan mahasiswa KKN 67 Universitas Sanata Dharma dijadwalkan tiba pada hari Sabtu (6/1/2024) di Pelabuhan Ketapang.

Kegiatan KKN di Kabupaten Ketapang baru dimulai pada semester genap 2023/2024 yang lalu, tepatnya pada angkatan 66 KKN USD. Menurut DPL KKN 67m J. B. Judha Jiwangga, M.Pd., Uskup Ketapang, Mgr. Pius Riana Prapdi menyatakan harapan besar atas kerjasama penempatan mahasiswa KKN USD ini.

“Monsinyur Pius sendiri merasa tertarik dengan cara belajar di USD, karena beliau juga pernah mengajar di USD. Hal ini  membuat beliau merasa ingin mahasiswa USD mewarnai kehidupan Ketapang. Dengan harapan mahasiswa USD mampu memberikan warna kehidupan baru, sehingga merubah iklim pembelajaran serta membangun mimpi baru untuk masa depan Ketapang yang lebih baik lagi,” pungkas pria yang akrab dipanggil Jeje ini. 

(JJ dan CIR-AFH/Humas)
 

  kembali