USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Program Studi Magister Farmasi USD Raih Peringkat Akreditasi Unggul

diupdate: 4 bulan yang lalu

 
x

Berdasarkan surat keputusan Lembaga Akreditasi Mandiri-Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) no 0940/LAM-PTKes/Akr/Mag/XII/2023) tertanggal 22 Desember 2023, Program Studi Magister Farmasi USD mendapatkan peringkat akreditasi Unggul. Keberhasilan meraih peringkat Unggul  ini tentu saja menjadi pencapaian yang pantas disyukuri sekaligus menyemangati, seperti diungkap Kaprodi Magister Farmasi, Dr. apt. Rini Dwiastuti.

"Akreditasi adalah sebuah pengakuan mutu dan kepercayaan yang diberikan untuk Prodi Magister Farmasi dalam menjamin proses pembelajaran yang berlangsung selama ini. Melalui pencapaian ini, sinergi dan kerjasama antara civitas akademika dan stakeholders perlu terus diupayakan, untuk senantiasa menjamin mutu proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," ungkapnya. 

Rini juga menambahkan bahwa lewat akreditasi ini mahasiswa dan dosen dapat senantiasa bertumbuh dan berkembang bersama dalam  sinergi dan harmoni bersama untuk mempertahankan peringkat di masa depan.

"Semoga mahasiswa dan dosen semakin kontributif, membawa misi prodi dan fakultas sebagai penggali kebenaran yang unggul dalam peningkatan martabat manusia," tambahnya.

Seperti diketahui, akreditasi adalah sistem penjaminan mutu eksternal (SPME) untuk menjamin dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Status terakreditasi  menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi atas dasar kriteria yang mengacu pada standar nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti).  

”Peringkat unggul berarti telah dilampauinya standar nasional Dikti pada kriteria-kriteria yang disematkan pada pendidikan tinggi oleh Program Studi Magister Farmasi USD. Pencapaian peringkat unggul berarti semakin kuatnya kepercayaan masyarakat kepada Fakultas Farmasi,” demikian diungkapkan Dekan Fakultas Farmasi, Dr. apt. Dewi Setyaningsih.

Dewi juga menambahkan bahwa semua pencapaian ini adalah momentum untuk meningkatkan rasa syukur atas kerja kolektif dan atas kesetiaan pada Visi dan Misi institusi.

”Harapan berikutnya tentu menjaga sustainability dan meningkatkan kontribusi melalui karya tridharma secara nasional dan global. Selain itu, pencapaian peringkat unggul menjadi insipirasi untuk terus bertumbuh, menggali dan mengapresiasi kreativitas, untuk meningkatkan martabat manusia,” tambahnya. 

Raihan peringkat Program Studi Magister Farmasi adalah sebuah loncatan peringkat akreditasi, yang sebelumnya B menjadi unggul, seperti diungkap oleh Wakil Rektor I USD, Prof. Ir. Sudi Mungkasi, Ph.D.

"Program Studi Magister Farmasi USD berhasil meningkatkan kualitasnya dengan loncatan peringkat akreditasi dari B menjadi Unggul. Kita bersyukur atas capaian dan kerja keras keluarga besar Fakultas Farmasi," ungkapnya.

Prof Sudi juga menambahkan bahwa keberhasilan ini membantu menegaskan arah visi dan misi universitas.

"Sebagai suatu program studi yang fokus pada bidang kesehatan, khususnya terkait obat-obatan, layanan pendidikan tinggi dengan kualitas terbaik ini akan sangat membantu keberhasilan prodi dan fakultas dalam rangka mengarah pada visi dan menjalankan misi universitas," pungkasnya.
 
(AFH-Humas)

  kembali