USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Puncak Dies Natalis 68: “Merayakan dan Menguatkan Nusantara: Keragaman, Harmoni, dan Karya Bersama

diupdate: 4 bulan yang lalu

 


Universitas Sanata Dharma (USD) merayakan Puncak Dies Natalis ke-68 pada Jumat, 22 Desember 2023 di Auditorium Driyarkara, Kampus II.  USD mengambil tema “Merayakan dan Menguatkan Nusantara: Keragaman, Harmoni, dan Karya Bersama” dalam Puncak Dies Natalis ke-68.  Dalam perayaan Puncak Dies ke-68 ini, akan disampaikan Laporan Tahunan Rektor dan Pidato Ilmiah, yang disampaikan Dr. theol. Dionius Bismoko Mahamboro, Pr (Dosen Program Studi Filsafat Keilahian, Fakultas Teologi). 

Dalam laporan tahunannya, Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, SJ., S.S., Ph.D., menyampaikan bahwa di tengah rasa syukur atas bertambahnya usia, USD juga terus menerus membangun kesadaran akan panggilan dalam hidup berbangsa.



“Tema Dies Natalis Sanata Dharma ke-68 juga menyadarkan kita akan panggilan untuk terlibat bagi pembangunan bangsa kita. Keterlibatan ini sudah menjadi bagian dari warisan Sanata Dharma yang senantiasa hendak kita rawat dan kembangkan. Secara internal, Dies Natalis tahun ini mengajak kita merasakan kembali makna keragaman, keselarasan dalam karya bersama kita, khususnya di USD dalam bingkai pembangunan kehidupan bangsa”, ungkapnya.  

Senada dengan Rektor, dalam pidato ilmiahnya, Dr. theol. Dionius Bismoko Mahamboro, Pr,
menyatakan bahwa perlunya usaha bersama dan terus menerus untuk merawat dan merefleksikan perjalanan kita sebagai bangsa. 

“Jika kita bersama ingin merayakan dan menguatkan Keindonesiaan, maka kita pun harus berkomitmen merawatnya bersama-sama. Maka penting bagi kita bersama untuk merefleksikan perjalanan sejarah bangsa Indonesia, terlebih lagi di bulan-bulan yang penuh dinamika politik, yang berpotensi melemahkan persatuan, seperti saat ini. Saya percaya bahwa Indonesia tidak didirikan oleh manusia berjiwa kerdil melainkan manusia berjiwa mulia,” ujarnya.

Dalam kesempatan Puncak Perayaan Dies Natalis ke-68 ini diserahkan pula berbagai penghargaan kepada para dosen dan mahasiswa berprestasi yang berkontribusi besar dalam sejumlah pencapaian USD selama tahun 2023 ini. Sembilan orang dosen berprestasi dalam kegiatan tridharma (pengajaran, penelitian dan pengabdian) serta satu orang dosen berprestasi dalam implementasi Universal Apostolic Preferences (UAPs) selama tahun 2023 mendapatkan penghargaan dari Rektor.  Sementara itu di tingkat mahasiswa, sebelas orang mahasiswa berprestasi mendapatkan penghargaan, baik di kategori bidang akademik, pendidikan, matematika dan ilmu pengetahuan alam, budaya, sosial humaniora, maupun dalam implementasi UAPs. 



Banyak pihak mengapresiasi capaian dan USD selama 2023 ini, salah satunya
Kepala LLDIKTI  Wilayah V, Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D. 

“Kami juga turut menyampaikan segala apresiasi selama 2023 baik prestasi tingkat nasional maupun internasional. Hal ini saya kira merupakan capaian yang baik bagi sebuah universitas karena Universitas Sanata Dharma termasuk menjadi bagian dalam 1 dari 6 peringkat unggul di Yogyakarta” ujarnya dalam sambutan.

Kehadiran Sanata Dharma yang menjadi lembaga pendidikan unggul pada usianya yang ke-68, tak lepas dari peran para pegawai yang sudah berkarya di lingkungan Yayasan Sanata Dharma. Pada kesempatan Puncak Dies Natalis ini, diberikan pula penghargaan 25 tahun berkarya bagi 30 orang pegawai, baik dosen maupun tenaga kependidikan. Penghargaan disampaikan oleh Bendahara Yayasan Sanata Dharma, Drs. Albertus Hartana, S.J., M.Pd.

Dalam sambutannya, Rm. Hartana menyampaikan rasa puji syukurnya terhadap semua pencapaian USD, khusus bagi para pegawai yang dengan setia dan kreatif berkarya melayani pendidikan. 



“Terima kasih untuk para dosen dan seluruh tenaga didik yang sudah mengabdi dengan Universitas Sanata Dharma, membangun serta mewujudkan Visi dan Misi dari kampus kita bersama. Selamat merayakan dan menguatkan nusantara menjadi penggali dan pembela kebenaran,” ungkapnya.

Perayaan Puncak Dies Natalis ke-68 ini menjadi muara dari
sejumlah kegiatan dalam rangka Dies Natalis ke-68 telah dilaksanakan sejak bulan Oktober 2023. Unsur-unsur pengalaman dan selebrasi komuniter atas keragaman dan kebhinekaan dalam semangat solidaritas nyata telah menjadi warna dalam berbagai kegiatan-kegiatan olahraga, seni budaya, seminar ilmiah dan  pengabdian masyarakat.

Selamat Dies Natalis ke-68 Sanata Dharma!

(CIR/CSNS/KSM/DKS/YK – Humas USD)

  kembali