USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Gelar Budaya Dies Natalis ke-68 Sanata Dharma: Kebersamaan dalam Keberagaman

diupdate: 5 bulan yang lalu

Humas USD
 
USD- Jumat, 8 Desember 2023, dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke-68, Universitas Sanata Dharma menyelenggarakan acara Gelar Budaya 2023 yang melibatkan berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan komunitas mahasiswa berbasis budaya. Pagelaran bertema ‘Kebersamaan dalam Keberagaman’ yang diselenggarakan di Auditorium Driyarkara Kampus II Mrican ini dihadiri oleh segenap civitas akademika USD, tamu undangan, dan sejumlah siswa-siswi dari SMA/ SMK dari berbagai wilayah DIY. 
 
Ketua Panitia Gelar Budaya 2023, Andreas Satya Bangga Nisa menyampaikan ajakannya kepada orang-orang muda untuk menghargai keberagaman. 

Humas USD
 
“Keberagaman bukan halangan, tetapi harta yang harus dilestarikan dan dijaga. Keberagaman budaya ini adalah cerminan dari bangsa. Dalam perbedaan bisa belajar saling memahami dan bertumbuh bersama dalam Indonesia. Mari kita nikmati pagelaran budaya ini sebagai bentuk apresiasi terhadap keragaman budaya yang kita miliki,” ungkapnya mengawali acara. 
 
Senada dengan Ketua Panitia, Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, SJ, SS, Ph.D., menyampaikan bahwa bangsa Indonesia sejatinya adalah sebuah bangsa yang bersatu karena keragaman, bukan sekedar suku-suku yang hidup di wilayah yang terpisah satu dengan lainnya. 

Humas USD

“Kita mau merayakan keberagaman sebagai identitas bersama, sebagai Indonesia. Di tengah gejolak sosial yang abai terhadap keberagaman, kita mau merayakan keberagaman itu lewat penampilan berbagai macam budaya yang ditampilkan oleh mahasiswa. Semoga kita semakin sadar bahwa kita ini beragam dan kita disatukan dalam Indonesia” ungkap Romo Bagus dalam sambutannya. 
 
Berbagai kreasi seni budaya nusantara ditampilkan dalam Gelar Budaya 2023 ini. Diantaranya Tari Ojo Turu Sore dari UKM Grisadha, Tari Kreasi Mentawai (Komunitas Mahasiswa Mentawai), Paduan Suara dan Tari Kreasi Flobamora (NTT), Tari Natya Kirana (Komunitas Sekar Jepun Bali), Tari Tanggui (Komunitas Pakat Dayak), Medley Lagu Daerah dari PSM Cantus Firmus, Tari Tuwu-Tari Baluse (Komunitas Ono Niha, Nias), Tari Kreasi Papua (Komuntas Mahasiswa Papua), dan persembahan musik oleh UKM Sexen. Selain itu, dalam kegiatan ini juga dihadirkan bazar makanan tradisional nusantara.

Humas USD
 
Kegiatan Gelar Budaya  2023 adalah wujud komitmen USD dalam menghidupi salah satu dari keempat nilai dasarnya, yaitu Menghargai Keberagaman. Saat ini Universitas Sanata Dharma menjadi tempat studi belasan ribu mahasiswa dari berasal dari 36 provinsi di seluruh Indonesia. 
 
(FM/DKS-Humas USD)


  kembali