USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Terima Kunjungan dari UNIKA Santo Thomas Medan

diupdate: 3 bulan yang lalu



USD – Kamis, 30 November2023, Universitas Sanata Dharma menerima kunjungan dari Universitas Katolik Santo Thomas Medan di Rektorat,  Kampus II USD. Perwakilan dari Unika Santo Thomas, Ribka Kariani Br. Sembiring, S.Si., M.Pd (Wakil Dekan / Dosen Prodi Pendidikan Matematika) dan Nova Florentina Ambarwati, S.Pd., M.Pd. (Dosen PGSD) menyampaikan tujuan dari kegiatan studi banding ini meliputi hal-hal seputar formasi dosen, pejabat dan tendik, pendampingan mahasiswa, serta hal-hal lainnya terkait tata kelola pergutuan tinggi.
 
Wakil Rektor II USD, Dr. Yohanes Harsoyo, M.Si menyampaikan rasa syukurnya karena bisa belajar dan saling berbagi dengan sesama universitas Katolik terus mengusahakan pertumbuhan.   
 
“Layaknya tujuan dari studi banding dua universitas, perjumpaan ini membantu untuk saling belajar dan menguatkan semangat untuk berkembang bersama,”

 
Dalam hal formasi dosen maupun tenaga kependidikan, Sekretaris Pelaksana Mission and Identity USD, Romo Eko Budi Santoso, SJ., Ph.D., menyampakan bahwa dialog menjadi hal yang utama.
 
”Relasi dalam sesama dosen dan karyawan merupakan hubungan dialogis; dimana semua karyawan memiliki persamaan derajat, serta kehendak kuat untuk memperbaiki secara keseluruhan,” ungkapnya.
 
Romo Eko juga menjelaskan bahwa USD melaksanakan hari studi pejabat setiap semesternya untuk mengapresiasi dan membina para tenaga kerja di Sanata Dharma.
 
”Kami merancang dan membuat modul pembinaan serta probation kepada pegawai, mulai dari sebelum menjadi pegawai, saat menjadi pegawai, dan saat menjabat menjadi pejabat. USD secara rutin juga melakukan Refleksi Karya; baik di tingkat unit, mapun di timgkat universitas. Setiap pegawai diajak untuk mengendapkan dan merefleksikan seluruh karya yang telah dilakukan selama 1 tahun terakhir dan perannya dalam institusi,” tambahnya. 

 
Usai sesi dialog, Ribka Kariani Br. Sembiring, S.Si., M.Pd ., mengungkapkan rasa senangnya bisa belajar dan mengambil inspirasi dari USD. 
 
“Saya sangat terinspirasi dari upaya USD mengelola Refleksi Karya. Adanya kegiatan seperti Refleksi Karya dalam rangka formasi berkelanjutan bagi pegawai, menurut saya merupakan hal baik yang bisa juga diterapkan di UNIKA Santo Thomas. Selain itu dari itu, adanya modul pembinaan untuk mempersiapkan calon pegawai adalah hal yang sangat penting dan perlu ada di UNIKA Santo Thomas”, ungkapnya.
 

(CIR/ SPP- Humas USD)
 

  kembali