USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

17 Apoteker Baru Berkomitmen Meningkatkan Kompetensi untuk Melayani Masyarakat

diupdate: 3 bulan yang lalu

Para Apoteker Baru berfoto bersama dengan Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker, Dekan Farmasi, Wakil Rektor III USD dan Perwakilan Pengurus IAI dalam Pengambilan Sumpah dan Janji Apoteker F. Farmasi USD, Kamis, 30 November 2023 (foto: Panitia)

USD-Kamis 30 November 2023, Program Studi Program Profesi Apoteker, Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta menyelenggarakan Pengambilan Janji/Sumpah Apoteker Periode III tahun 2023. Acara ini diselenggarakan di Ruang Drost, Gedung Administrasi Pusat, Kampus III, Paingan, Yogyakarta. Pada kesempatan ini, sebanyak 17 mahasiswa profesi apoteker yang terdiri dari 14 mahasiswi dan 3 mahasiswa, mengucapkan janji profesinya. 
 
Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker, Dr. apt. Agatha Susi Budiani Lestari mengawali kegiatan pengambilan janji dengan membacakan SK No. USD/FAR/SK/152/10/2023/B tentang Yudisium Mahasiswa yang menyatakan kelulusan ketujuh belas mahasiswa di atas. 
 
Mewakili para apoteker yang diambil sumpahnya, apt. Arya Pratama Nugraha, S.Farm., menyampaikan pentingnya para apoteker baru untuk memperhatikan pengembangan kompetensi dan karakter demi mengabdi pada masyarakat.
 
“Dengan motto 'Cerdas dan Humanis', di Universitas Sanata Dharma kita dididik untuk menjadi pengabdi kemanusiaan yang cerdas dan profesional. Dan sebagai apoteker profesional, kita mempunyai 3 kompetensi yang harus diperhatikan yaitu pengetahuan, keterampilan dan etika. Maka saya berharap, dengan gelar ini, kita bisa mempunyai karakter semakin rendah hati dan siap mengabdi untuk masyarakat.” tuturnya.

Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker, Dekan Farmasi, Wakil Rektor III USD dan Perwakilan Pengurus IAI dalam Pengambilan Sumpah dan Janji Apoteker F. Farmasi USD, Kamis, 30 November 2023 (foto: Panitia)
 
Kehadiran 17 apoteker baru dari USD ini tentu disertai harapan dari berbagai pihak, terkhusus Ikatan Apoteker Indonesia (IAI). Mewakili pengurus IAI, apt. Budiono, M.Sc., berharap para mahasiswa yang telah terikat dengan sumpah profesi, aktif mengembangkan kompetensi dalam melayani masyarakat.
 
“Marilah sejawat sekalian kita aktif dalam mengembangkan kompetensi dan melayani, sehingga nama baik profesi apoteker ada dalam mindset masyarakat yang kita layani”, ujarnya. 
 
Hal yang sama juga diungkapkan oleh Wakil Rektor III USD, Dr. Yohana Titik Kristiyani, M.Psi., dalam sambutannya.
 
“Semoga sumpah yang diambil hari ini semakin menguatkan kesadaran kita akan makna profesi sebagai seorang apoteker yang bertumpu pada standar-standar seperti etika profesionalitas dan regulasi demi kesehatan masyarakat. Hal ini seturut dengan slogan ‘Cerdas dan Humanis’, yang mana kita semua diajak untuk bertumbuh mengembankan kompetensi, terus menerus berkreasi secara profesional, serta semakin peduli pada masyarakat dan lingkungan kita,” ungkapnya.
 
(TPP-Humas USD)

  kembali