USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Formasi Cerdas Humanis Tahap II: Mengikis “Throwaway Culture” di Lingkungan Kita

diupdate: 11 bulan yang lalu

x

Sabtu, 20 Mei 2023, Tim Formasi Cerdas Humanis berkolaborasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa USD menyelenggarakan kembali kegiatan Formasi Cerdas Humanis (FCH) tahap kedua. Acara yang diselenggarakan di Ruang Drost, Lantai 4 Gedung Administrasi, Kampus III Paingan ini diikuti oleh segenap mahasiswa angkatan 2022. 
 
Kegiatan ini mengambil tema “Sampah Kampus & Wajah (ke)Cerdas dan Humanis(an) Kita”. Koordinator Tim FCH Universitas Sanata Dharma, Pater Alexander Hendra Dwi Asmara S.J., S.S., M.A., Ph.D. mengungkapkan bahwa kegiatan Formasi Cerdas Humanis adalah pondasi bagi setiap mahasiswa USD. 

x

“Setelah kita mampu mengenali diri kita sendiri serta membangun relasi sehat dan aman di lingkungan kampus, pada pertemuan kali ini, kita perlu membangun kesadaran untuk peduli pada lingkungan tempat kita hidup,” ungkap Romo Hendra. 

Formasi Cerdas Humanis tahap kedua ini membahas isu lingkungan yaitu throwaway culture, yaitu praktik membuang barang setelah satu kali digunakan (single use), termasuk barang berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Perilaku ini jelas dapat merusak lingkungan. 
 
x

Throwaway Culture berasal dari masyarakat yang konsumtif sehingga tercipta banyak limbah (biasanya sampah  plastik) yang termasuk pada kemasan makanan instan” jelas Juventia Adeline salah satu tim pemateri dari Kementerian Lingkungan Hidup BEM USD. 

Kegiatan ini juga memfasilitasi mahasiswa untuk berinteraksi dengan memberikan pertanyaan secara luring dan juga daring melalui kanal Youtube Humas USD. Tim Formasi Cerdas Humanis dan BEM USD, melalui Kementerian Lingkungan Hidup menyampaikan ajakan kepada para mahasiswa untuk lebih peka dan peduli dengan lingkungan kita, dari lingkungan yang terkecil. 
 
(SPP - Humas USD)



  kembali