USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Rektor USD: Wisuda Jadi Momentum Raih Kemerdekaan untuk Berkarya

diupdate: 1 tahun yang lalu

Wisuda Maret 2023/ dok. Humas USD


Universitas Sanata Dharma (USD) menyelenggarakan wisuda untuk program Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktoral di Auditorium Driyarkara, Kampus 2 USD, Mrican pada hari Jumat (17/3) dan Sabtu (18/3). USD mewisuda 954 mahasiswa dari 1,165 lulusan yang tersebar di 9 fakultas dan 34 program studi selama periode yudisium Agustus 2022 - Januari 2023.

Dalam wisuda yang mengusung tema ‘Merdeka untuk Berkarya’ ini, Rektor USD Albertus Bagus Laksana, SJ., S.S., PhD., berpesan kepada para mahasiswa tentang tanggung jawab dalam perjuangan hidup yang lebih luas. Menurutnya, para wisudawan harus memiliki kemerdekaan untuk berkarya.

"Bertumbuh-mekarlah dalam kebebasan yang sejati, yaitu merdeka atau bebas untuk memilih dan berbuat bagi diri dan dunia, mulai dari hal-hal yang kecil dan sederhana," kata Romo Bagus.

Rektor menuturkan, para wisudawan ini telah melewati perjalanan yang cukup panjang dan unik, karena melewati masa pandemi sebagai bagian dari tantangan untuk terus bertumbuh. Para wisudawan ini juga sudah merasakan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) meski dalam skala masih kecil.

"Saya katakan, Merdeka Belajar atau Kampus Merdeka yang sebenarnya justru hadir dalam kehidupan sehari-hari sesudah kalian lulus. Setelah lulus ini kalian akan menjalani fase kehidupan baru yang berbeda dari masa kuliah," katanya.

Wisuda Maret 2023/ dik. Humas USD

Rektor juga mengungkapkan rasa syukur untuk almamater yang terus bertumbuh menghasilkan banyak lulusan yang berkarya di penjuru negeri bahkan di manca negara. Tahun ini, USD juga meluluskan mahasiswa doktoral pertama, yakni Dr. Koniherawati dari Program Studi Kajian Budaya Program Magister.

“Semoga kelulusan doktor pertama ini menjadi wujud nyata komitmen USD untuk terbang lebih tinggi. Menawarkan pencerahan dan kemajuan bagi masyarakat. Selamat berjuang, merdeka untuk selalu berkarya! Sampai bertemu lagi sebagai alumni. Tuhan memberkati perjalanan hidup kalian. Ad Maiorem Dei Gloriam,” ungkap Romo Bagus.

Dalam kesempatan yang sama, salah satu wisudawan terbaik dari Program Studi Sastra Indonesia, Cesilia Sasanda menyampaikan bahwa pengalaman masa pandemi telah mengajarkan banyak hal. Menurutnya, masa pandemi menjadi masa-masa yang sulit untuk dihadapi bersama.

“Perubahan yang tiba-tiba terjadi membuat kita harus beradaptasi. Tantangan terbesarnya adalah menemukan semangat belajar di tengah masa pandemi. Namun pandemi juga memberikan saya kesempatan untuk bebas mengembangkan diri, merdeka untuk berkarya. Terima kasih untuk pendampingan yang dilakukan oleh para dosen kepada kami semua,” ujar Cesilia.

Wisuda Maret 2023/ dok. Humas USD

Perwakilan orang tua wisudawan, Wilfridus Angelicus Lolonrian, S.Ag., M.Th. menyampaikan rasa terima kasih kepada segenap civitas akademika USD atas pendampingan USD kepada anak-anaknya. Sebagai orang tua, dirinya sangat percaya dengan kampus USD.

“Nama Sanata Dharma harus tetap di hati. Perjuangan anak-anak kita tidak berakhir di sini, tapi sudah siap dihadapkan pada tantangan dunia kerja di luar sana. Maka, buktikan kalau kalian telah mengolah ilmu di kampus ini dengan matang," tutupnya.

(SPP/AFH-Humas)

  kembali