USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Linguistics Fieldtrip: Kolaborasi Sasing USD dengan Department of Linguistics, Hong Kong University

diupdate: 1 tahun yang lalu

dok. SasIng

Jumat, 3 Maret hingga Minggu, 12 Maret 2023, Prodi Sastra Inggris menerima 17  mahasiswa  dan 2 staff pengajar dari Department of Linguistics, Hong Kong University (HKU), yang melakukan Linguistics Field Trip ke Prodi Sastra Inggris, USD. Kegiatan ini merupakan kolaborasi awal antara Program Studi Sastra Inggris dan Hong Kong University. Bagi HKU, Linguistics Field Trip yang saat ini dilaksanakan ke Universitas Sanata Dharma dan Yogyakarta ini merupakan agenda rutin yang terpaksa tidak dapat dilakukan di masa pandemi Covid.

Bagi prodi Sastra Inggris USD, kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata implementasi program internasionalisasi Prodi, sejalan dengan misi Prodi untuk semakin terlibat dan berkiprah dalam kegiatan-kegiatan yang melibatkan partner internasional (international networkings). Kegiatan bersama dengan prodi sejenis yang berasal universitas dari negara-negara lain diharapkan dapat semakin membuka kesempatan berelasi sekaligus meningkatkan kualitas pembelajaran di Prodi Sasing USD. Untuk kolaborasi dengan HKU kali ini, mahasiswa Prodi Sastra Inggris dipimpin oleh Dr. Dalan Mehuli Perangin-angin.
 
Kegiatan diawali penyambutan dan penerimaan secara resmi oleh Fakultas (diwakili Wakil Dekan Fakultas Sastra, Ibu Anna Fitriati, M.Hum.) dan orientasi kegiatan Field Trip oleh Dr. Kofi Yakpo dan Dr. Dalan Mehuli Parangin-angin, pada hari Sabtu, 4 Maret 2023.  Wakil Dekan Fakultas Sastra dalam kesempatan itu menyambut baik kerjasama seperti ini, karena diyakini akan menambah dan memperluas wawasan mahasiswa kedua belah pihak.


dok. Humas USD

Pada hari Senin, 6 Maret 2023, dilakukan
one-day workshop dengan topik Linguistik. Workshop diikuti 16 mahasiswa peserta fieldtip dari HKU, 23 mahasiswa Prodi Sastra Inggris, dan beberapa Dosen Prodi Sastra Inggris. Selama kegiatan ini, para peserta field trip akan berkolaborasi dalam berbagai kegiatan untuk menghasilkan penelitian kebahasaan, dan melakukan kunjungan ke beberapa cultural sites dan melihat pertunjukan-pertunjukan seni dan budaya.

One-day workshop
pada hari Senin dilaksanakan di R. Kadarman, Gedung Pusat Lt. 4, Kampus II pada pukul 09.30 – 17.00 WIB. Kegiatan inidikemas dalam dua sesi. Dr. Kofi Yakpo sebagai pembicara di sesi pertama membawakan topik dasar-dasar penelitian Linguistik dan Dr. Dalan Mehuli Perangin-angin sebagai pembicara di sesi kedua membawakan topik teknik pengumpulan data di bidang Linguistik. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembagian dan diskusi kelompok antara mahasiswa Sastra Inggris USD dan HKU untuk menentukan topik penelitian. Mereka dibagi secara acak dalam tujuh kelompok dengan total dua mahasiswa HKU di setiap kelompok.

Tanggal 7 – 9 Maret, mereka melakukan observasi langsung terhadap masyarakat yang berdomisili di sekitar USD, serta beberapa lokasi lain di Yogyakarta, sambil melakukan wisata sejarah dan budaya. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai pengumpulan data penelitian dengan cara mendengarkan dan mengamati secara langsung penggunaan bahasa oleh penutur asli, yaitu masyarakat Yogyakarta. Mereka akan bekerja berkelompok dan terpisah-pisah. Dalam kelompok-kelompok tersebut, mahasiswa Sastra Inggris USD juga berkontribusi sebagai rekan penelitian sekaligus pendamping mahasiswa HKU selama mereka di Yogyakarta.

Selain workshop penelitian dan pengamatan langsung terhadap penggunaan bahasa oleh masyarakat sekitar Yogyakarta, mahasiswa HKU juga melakukan kunjungan ke tempat-tempat yang sarat dengan budaya dan sejarah Yogyakarta, seperti Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Candi Prambahan, Pusat kerajinan Batik, dan lain-lain. Dr. Kofi Yakpo mengatakan bahwa pengalaman langsung bertemu dengan penutur suatu bahasa merupakan pengalaman yang sangat penting bagi mahasiswa dan peneliti Linguistik

dok. SasIng
 
Prodi Sastra Inggris menilai bahwa kerja sama dengan universitas lain sangat bermanfaat, tidak hanya bagi mahasiswa, tetapi juga seluruh civitas akademika. Oleh karena itu, ke depannya, Prodi Sastra Inggris akan meningkatkan kerja sama dengan institusi serupa, baik dari segi cakupan kegiatan maupun cakupan bidang.

(TPP/CSNC-Humas & Hirmawan/Sasing USD)
 

  kembali