USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

PBI dan Lembaga Bahasa USD Selenggarakan International Joint Class dengan Kyoto Sangyo University

diupdate: 1 tahun yang lalu

dok. Humas USD

Jumat, 3 Maret 2023, di R. Seminar LPPM, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris bersama dengan Lembaga Bahasa USD dan Kyoto Sangyo University mengadakan “International Joint Class”. Acara ini diikuti oleh mahasiswa prodi PBI USD yang mengambil mata kuliah Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) dan mahasiswa Jepang dari Kyoto Sangyo University (KSU), Kyoto, Jepang. 

International Joint Class diselenggarakan dengan tujuan memperkenalkan dan memberikan pengalaman kepada mahasiswa dari KSU tentang penggunaan Bahasa Indonesia sehari-hari di luar jam pembelajaran dan budaya masyarakat Indonesia. Mahasiswa di KSU mendapatkan mata kuliah Bahasa Indonesia, tetapi mereka tidak mendapatkan pengalaman langsung ketika keluar dari kelas. Selain itu, program ini juga merupakan bentuk kerja sama antara Lembaga Bahasa USD dengan Kyoto Sangyo University.

dok. Humas USD

“Mereka bisa mendapatkan pengalaman langsung untuk menggunakan Bahasa Indonesia dengan masyarakat Indonesia dan mempelajari budayanya. Harapannya, ini bisa berguna bagi mereka nantinya saat mencari pekerjaan karena banyak perusahan Jepang yang membuka peluang di Indonesia dan membutuhkan tenaga kerja Jepang yang bisa berbahasa Indonesia.” ungkap Professor Edy Priyono selaku pendamping mahasiswa KSU.

Selain memberikan pengalaman bagi mahasiswa KSU, acara ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa prodi PBI USD yang mengambil mata kuliah BIPA untuk memahami kesulitan dan tantangan yang dialami oleh mahasiswa asing, khususnya mahasiswa Jepang, ketika belajar Bahasa Indonesia.

dok. Humas USD

“Kita di sini untuk saling mengenal satu sama lain. Mahasiswa program studi PBI bisa mengenal teman-teman dari Jepang dan belajar tentang tantangan yang dialami oleh mereka ketika belajar Bahasa Indonesia, sedangkan mahasiswa dari Kyoto Sangyo University bisa memahami budaya kita,” papar Bapak FX. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D. selaku dosen PBI.

Acara dilanjutkan dengan diskusi kelompok. Seluruh mahasiswa PBI USD dan KSU dibagi menjadi tujuh kelompok secara acak. Dalam diskusi kelompok ini, mahasiswa PBI USD dan KSU saling memperkenalkan diri dan berbagi tentang kehidupan mahasiswa di Indonesia oleh mahasiswa PBI dan tantangan atau kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa KSU ketika belajar Bahasa Indonesia. 

dok. Humas USD

***

(TPP/CSNC-Humas)
 

  kembali