USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Asesmen Lapangan oleh Tim Asesor LAMDIK dalam rangka Visitasi Akreditasi Prodi Pendidikan Biologi

diupdate: 1 tahun yang lalu

dok. Humas USD

Jumat-Sabtu, 27-28 Januari 2023, Prodi Pendidikan Biologi USD menerima kunjungan dari Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK), yaitu Dr. Agr. Saefudin, M.Si. dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Dr. Bowo Sugiharto, S.Pd., M.Pd. dari Universitas Sebelas Maret (UNS), dalam rangka asesmen lapangan akreditasi prodi.


Kehadiran Tim Asesor disambut di Ruang Rapat Rektorat, Lt. 2, Kampus II oleh jajaran pejabat rektorat, dekanat, dan program studi sebelum melakukan asesmen lapangan ke Kampus III USD.
 
dok. Humas USD

“Kami senang menyambut kesempatan ini. Asesmen Lapangan dari LAMDIK untuk program studi Pendidikan Biologi memiliki peranan penting bagi perjalanan prodi dan universitas untuk naik ke tahap berikutnya,” ungkap Pater Albertus Bagus Laksana, S.J., S.S., Ph.D. dalam sambutan awalnya.
 
Dalam sambutannya, Pater Albertus Bagus juga menyampaikan bahwa prodi Pendidikan Biologi memiliki perkembangan yang signifikan sejak tahun 2008 dan akan masih terus bertumbuh dan berkreasi, beriringan dengan prodi lain, untuk dapat hadir bagi bangsa dan terlibat dalam pembangunan martabat manusia yang semakin adil dan berkualitas. Beliau menyampaikan bahwa segala masukan yang diberikan oleh Tim Asesor akan membantu pertumbuhan dan perkembangan prodi Pendidikan Biologi.


 
Kegiatan asesmen lapangan hari pertama (27/01/2023) diawali dengan melihat fasilitas yang ada di Kampus II, dilanjutkan dengan berkunjung ke Pusat Studi Lingkungan, dan berakhir di Kampus III Paingan. Kegiatan hari pertama di Kampus III dilaksanakan dengan agenda pembahasan penetapan LKPT final, konfirmasi data dan evaluasi dalam LED, konfirmasi terkait keterlibatan alumni prodi dalam masyarakat dan kepuasaan terhadap lulusan dari masyarakat yang terlibat, diakhiri dengan konfirmasi kinerja dan pelayanan dosen.

Tim Asesor LAMDIK mengunjungi Pusat Studi Lingkungan - dok. HUmas USD

Asesmen lapangan dilanjutkan pada hari kedua (28/01/2023) dengan agenda pembahasan observasi kegiatan pembelajaran di ruang kelas, konfirmasi kinerja dan keterlibatan tenaga kependidikan bagi mahasiswa dan dosen prodi Pendidikan Biologi, konfirmasi keterlibatan dan kepuasan mahasiswa atas kinerja tenaga didik, pemyampaian masukan akhir dari Tim Asesor, serta diakhiri dengan penyampaian dan penandatanganan berita acara asesmen lapangan dan rekomendasi hasil akreditasi oleh Tim Asesor LAMDIK.
 
(TPP & KSM/Humas)
 

  kembali