USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Program Internship Biohybrid Center di Sogang University Wujudkan Mimpi Seorang Anak Petani

diupdate: 1 tahun yang lalu

dok. Farmasi

Selasa, 3 Januari 2023 Flavia Domitilla Erika Setyajati (Erika) mahasiswa Angkatan 2019 program studi S1 Farmasi Fakultas Farmasi telah berangkat menuju Seoul, Republik Korea dalam rangka melaksanakan program internship atau magang penelitian. Kegiatan ini merupakan realisasi dari program kerjasama ‘Biohybrid Research Center of Sogang University-Harvard University-Sanata Dharma University’. Program kerja sama multinasional tersebut merupakan hasil kerja sama antara Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma dengan Sogang-Havard University yang ditandatangani pada bulan Juli tahun 2021. Program Biohybrid Research Center memungkinkan peneliti maupun mahasiswa dari Sogang University dan Universitas Sanata Dharma untuk saling menggunakan fasilitas yang ada di Biohybrid Center, untuk meningkatkan kualitas luaran penelitian dari Universitas Sanata Dharma, khususnya Fakultas Farmasi.

Kegiatan student exchange sepenuhnya dapat terlaksana berkat dukungan penuh dari Wakil Rektor III, Wakil Rektor IV, Fakultas Farmasi USD, dan Institute of Biological Interfaces, Sogang University. Kesempatan untuk dapat melakukan magang penelitian di luar negeri merupakan hal yang tidak pernah dibayangkan dapat dimiliki oleh Erika yang berasal dari keluarga yang sederhana. Kedua orang tuanya merupakan petani buah dan jamur di daerah Mlati, Sleman, Yogyakarta.

dok. Farmasi

Dalam kesempatan kali ini, Erika melakukan penelitian bersama dengan tim peneliti dari Sogang University di bawah bimbingan Prof. Kwanwoo Shin. Erika dibimbing dalam membuat model yang memudahkan tahapan skrining senyawa antikanker dalam dalam proses pengembangan obat antikanker. Penelitian tersebut merupakan lanjutan dari penelitian yang sebelumnya telah dimulai di Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma dibawah bimbingan apt. Agustina Setiawati, M.Sc., Ph.D., yang saat ini sedang mengembangkan bidang tissue engineering. Melalui program ini, penelitian tersebut dapat dilanjutkan di Sogang University untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Kegiatan ini merupakan program yang pertama kali dilaksanakan di Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma. Kegiatan baik ini diharapkan dapat dilanjutkan pada periode selanjutnya. Erika berharap program ini dapat berkelanjutan dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa lain yang mampu dan mempunyai passion untuk belajar dan melakukan riset di negara maju 

dok. Farmasi

(ES)

  kembali