USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Kuliah Umum Prof. Jong-In Hong Paparkan Sintesa Senyawa Pendeteksi Penyakit Kardiovaskular

diupdate: 2 bulan yang lalu

dok. PKim

Memperingati Dies Natalis yang ke-6, Prodi Pendidikan Kimia USD mengundang Profesor Jong-In Hong dari Seoul National University, Korea Selatan untuk memberikan kuliah umum. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis 17 November 2022 di ruang Science, Technology, Engineering, Art and Math (STEAM) di Gedung Laboratorium Biologi Kimia, Kampus III Universitas Sanata Dharma, Paingan, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Kuliah umum yang mengangkat tema “Electrochemiluminescence as a Practical Sensing Tool for Diagnostic Biomarkers and Environmental Pollutants” ini dipandu oleh Lucia Wiwid Wijayanti, M.Si., selaku moderator. Dilaksanakan secara hybrid, kegiatan ini dihadiri oleh dosen, mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia, alumni, dan umum.

Dalam kuliah ini, Profesor Hong menjelaskan sintesis senyawa yang berpotensi menghasilkan luminescence. “Senyawa organik cyclometalated iridium (III) berhasil disintesis dan kompleks cyclometalated iridium (III) mempunyai potensi untuk menghasilkan senyawa luminescence apabila bereaksi dengan homosistein yang merupakan biomarker penyakit kardiovaskular dan alzheimer”, papar Professor Hong dalam kesempatan tersebut.

https://www.usd.ac.id/f1l3/berita/KuliahUmumProfJong-2.jpg

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa reaksi senyawa kompleks ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi polutan di lingkungan seperti ion sianida, gas H2S dan thiophenol berdasarkan luminescence yang dihasilkan. Di bidang kesehatan lain, pembentukan komplek yang menghasilkan luminescence ini dapat digunakan untuk analisis glukosa.

Kuliah umum ini menarik antusiasme banyak mahasiswa. Hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan dari mahasiswa kepada Professor Hong.  Kegiatan kuliah umum adalah bagian dari upaya Prodi Pendidikan Kimia untuk mengembangkan wawasan mahasiswanya. Sebagai program studi yang masih berusia muda, Prodi Pendidikan Kimia senantiasa melakukan inovasi dan pengembangan di banyak bidang. Salah satunya adalah menyelenggarakan Guest Lecturing dari para professional, baik dari dalam maupun luar negeri.
 
(MCR & FDNP)
 
 

  kembali