USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Business Meeting APSPBI Petakan Tantangan dan Best Practises MBKM

diupdate: 3 minggu yang lalu

istimewa

Kamis-Jumat, 3-4 November 2022, Prodi PBI USD dan Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menyelenggarakan Business Meeting dengan dua agenda, yaitu besar: sharing tantangan dan best practices MBKM dan forum group discussion terkait isu-isu di program studi, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat. Kegiatan yang dilaksanakan di R. Seminar Driyarkara ini diikuti oleh 93 institusi dari seluruh Indonesia.

Kegiatan Business Meeting inidibuka oleh Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Ibu Veronica Triprihatmini, M.Hum., M.A., dan Wakil Rektor IV Universitas Sanata Dharma, Ibu Caecilia Tutyandari, Ph.D.

istimewa

Pada hari pertama kegiatan diisi dengan diskusi terkait tantangan dan best practices MBKM, yang dipimpin oleh Presiden APSPBI, Paulus Kuswandono, Ph.D. Ada banyak tantangan yang muncul sehingga forum memutuskan untuk melanjutkan diskusi di sesi FGD yang membahas beberap tema.
Tema yang pertama, Pengajaran, meliputi kerjasama sebagai dosen tamu, Team teaching antar Lembaga dan Jalur non skripsi sebagai tugas akhir mahasiswa.

Sedangkan tema kedua, Penilitian, mendiskusikan tentang Peningkatan publikasi dosen dan mahasiswa, MOU jurnal Prodi dengan APSPBI, Pertukaran editor Jurnal, Mitra Bestari Jurnal, Pertukaran Manuskrip Jurnal, Support sitasi artikel dosen, Kolaborasi Menulis di Media Massa Internasional, Kolaborasi menulis Buku Monograf dan Buku Referensi, serta Kolaborasi kegiatan akademik melalui kegiatan seminar Bersama, workshop dan penelitian

Sementara tema ketiga, Pengabdian kepada Masyarakat, mendiskusikan beberapa hal diantaranya Internasionalisasi Prodi PBI melalui pengabdian (PkM) Internasional, Advokasi prodi untuk mendapatkan kerjasama internasional, dan Kolabarasi kegiatan pengabdian bersama

istimnewa

Kegiatan Business Meeting ini menghasilkan beberapa keputusan dan perjanjian berupa MoU dan MoA yang diharapkan bisa mempererat kerjasama antar program studi dan memberikan manfaat bagi semua program studi anggota institusi dan individu APSPBI.

Pada hari kedua, para peserta mengikuti seminar LLTC ke 9 yang dilaksanakan oleh PBI di ruang Seminar Driyarkara. Beberapa peserta dari kegiatan ini adalah presenter/penyaji pada seminar LLTC.

dok. LLTC 

**


(TWPM)

  kembali