USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Monitoring dan Evaluasi Beasiswa YPMAK

diupdate: 1 minggu yang lalu

dok. BKHI

Senin, 19 September 2022, Universitas Sanata Dharma menerima Tim Monitoring Pendidikan Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme-Komoro (YPMAK) yang melaksanakan monitoring implementasi kerjasama beasiswa. Rangkaian kegiatan monitoring tersebut diantaranya adalah pertemuan dengan pimpinan USD; pertemuan dengan para penerima beasiswa YPMAK, baik yang belajar di USD maupun yang belajar di 23 perguruan tinggi di DIY; serta  kunjungan ke asrama Sanata Dharma Student Residence.

Dalam pertemuan dengan pimpinan USD di Ruang Kadarman, Tim monitoring menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih atas kerjasama yang telah berjalan dengan baik selama ini. Selain itu, Tim Monitoring yang dipimpin oleh Ibu Nur Ihfa Karupukaro selaku Wakil Direktur Program dan Monitoring Evaluasi YPMAK juga menerima laporan pelaksanaan program pendidikan dan pembinaan periode Januari - Juni tahun ajaran 2021/2022 secara lengkap dari Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional (BKHI) USD, Yurisdixta Menavia, S.S.

Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, S.J., S.S., Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendidikan yang dilaksanakan di USD bersifat holistik. “USD dalam karyanya menerapkan pendidikan yang holistik. Mengajak mahasiswa tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga mampu menerapkan nilai-nilai kemanusian dalam hidupnya”. Lebih jauh Rektor USD juga menyampaikan bahwa pendidikan holistik salah satunya diterapkan melalui pengembangan asrama.

Senada dengan Rektor, Tim Monitoring juga memaparkan beberapa perubahan kebijakan beasiswa yang segera akan dilaksanakan. Salah satunya dalam hal kedisiplinan peserta beasiswa. “Mahasiswa YPMAK di USD wajib tinggal di asrama dan mengikuti peraturan yang ada, baik peraturan asrama ataupun peraturan universitas,”

Wakil Rektor IV, Caecilia Tutyandari, Ph.D., menyampaikan bahwa USD dalam hal akademik menerapkan kebijakan sisip program. “Sisip program dimaksudkan untuk lebih mendisiplinkan mahasiswa agar dapat menyelesaikan studi secara tepat waktu,”.


Sementara itu, pertemuan antara Tim Monitoring dengan para peserta beasiswa YPMAK dilaksanakan secara tertutup di Ruang Seminar LPPM. Pertemuan tersebut terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama adalah pertemuan antara Tim Monitoring dengan peserta beasiswa YPMAK yang belajar di USD. Sesi kedua adalah pertemuan antara Tim Monitoring dengan peserta beasiswa YPMAK yang sedang studi di 23 perguruan tinggi di DIY.

Rangkian kegiatan monitoring dan evaluasi ditutup dengan mengunjungi asrama Sanata Dharma Student Residence. Bersama Kepala Asrama, Ir. Christoporus Aria Prabantara, S. J., M. A., Tim Monitoring berkesempatan untuk berkeliling dan melihat situasi serta fasilitas yang ada asrama.

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi dilakukan secara berkala, selain untuk memastikan program beasiswa berjalan dengan optimal, juga merupakan bentuk sapaan keapda para para mahasiswa yang belajar jauh dari daerah asal dan keluarga.
 
(DRA&FN)

  kembali