USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Mewisuda 1.126 Wisudawan/wati yang Siap Mengepakkan Sayap Terlibat Membangun Masa Depan

diupdate: 2 tahun yang lalu


Wisuda Program Diploma, Sarjana dan Magister Universitas Sanata Dharma tahun akademik 2021/2022 dilaksanakan secara luring pada tanggal 16-17 September 2022, di Auditorium Driyarkara Kampus II Universitas Sanata Dharma. Wisuda kali ini mengambil tema “Mengepakkan Sayap Keterlibatan, Berkarya Membangun Masa Depan Penuh Harapan”. Wisuda periode ini diikuti oleh 1.126 wisudawan dari 1.510 orang lulusan program diploma, sarjana dan magister di bulan Februari-Juli 2022.  Para wisudawan tersebar di 8 fakultas dan direktorat pasca sarjana, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sastra, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Farmasi, Fakultas Psikologi, Fakultas Teologi Fakultas Vokasi dan Program Pascasarjana Magister Kajian Budaya serta Kajian Bahasa Inggris.
 
Wisuda periode September ini digelar dalam lima gelombang dan dilangsungkan selama dua hari. Terdapat 35 orang wisudawan terbaik yang empat diantaranya meraih nilai IPK sempurna (4,00). Mereka adalah Fransiska Sasha Yolanda dari Prodi Magister Manajemen, Yoans Beni Ekosaputra dari Sastra Indonesia, Bima Iqbal Khadafi (Kajian Bahasa Inggris), dan Endaryanti Wulandari (Magister Farmasi). 



 
Dalam sambutannya, Rektor USD, Albertus Bagus Laksana, S.J., S.S., Ph.D. menyampaikan banyak tantangan yang akan dihadapi oleh para wisudawan ini. Berbagai krisis melanda, mulai dari krisis iklim, krisis energi, krisis pangan, hingga krisis keamanan global. Oleh karenanya para wisudawan diajak untuk berjuang seperti burung kolibri, jenis burung kecil yang punya kekuatan dan ketekunan besar, jauh melebihi penampakan fisiknya.  “Bayangkan kalian adalah kolibri yang sekarang harus mengepakkan sayap dan terbang. Seperti itulah nantinya kalian akan melakukan perjalanan, mencari pekerjaan dan terlibat dalam masyarakat serta membangun hidup sendiri,”
 
Lebih lanjut, Romo Bagus berpesan agar para wisudawan terus berjejaring dan bekerjasama dengan berbagai pihak, khususnya alumni USD yang sudah berkarya di berbagai bidang.  “Teruslah pupuk rasa kebersamaan termasuk dengan jaringan alumni USD, yang jumlahnya sudah mencapai 70 ribu tersebar di berbagai penjuru tanah air dan dunia. Semoga kalian bisa menjadi kolibri yang berani mengepakkan sayap, dan terlibat dalam dunia lewat pekerjaan, karya, dan panggilan,” pesannya.
 
 
(BRW & KRHP)


  kembali