USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Raih Dua Emas dan Lima Perunggu dalam Lomba Pemecahan Masalah MAG-D XIII ITB

diupdate: 3 minggu yang lalu






Universitas Sanata Dharma (USD), melalui program studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi dan program studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan kembali berpartisipasi pada lomba pemecahan masalah dalam kegiatan Mathematical Analysis and Geometry Day (MAG-D) XIII yang diadakan oleh Kelompok Keahlian Analisis dan Geometri (KKAG), program studi Matematika Institut Teknologi Bandung (ITB). Kegiatan lomba pemecahan masalah MAG-D ini telah diselenggarakan secara rutin oleh ITB setiap tahun sejak tahun 2006, dan USD sudah turut berpartisipasi sejak penyelenggaraan pertama.

Setelah hampir tiga tahun vakum (pada tahun 2020 dan 2021 lomba ini tidak diadakan akibat pandemi), akhirnya kegiatan MAG-D kembali diselenggarakan untuk yang ketigabelas kalinya pada Sabtu, 26 Maret 2022, secara daring. Seperti pada penyelenggaraan sebelumnya, lomba pemecahan masalah ini merupakan lomba tim, dengan satu tim terdiri dari dua orang. Pada tahap 1 perlombaan, masing-masing anggota tim mengerjakan soal secara individu, lalu skornya dijumlahkan. Dari total 69 tim yang berpartisipasi dari 22 perguruan tinggi berbeda, hanya diambil 10 tim terbaik untuk mengikuti seleksi tahap 2. Dari tahap 2 kemudian diambil 5 tim terbaik untuk tahap 3 alias babak final.

Secara keseluruhan, USD mengirimkan 12 orang mahasiswa (6 tim) untuk berpartisipasi dalam lomba tahun ini, masing-masing 6 orang (3 tim) dari prodi Matematika dan prodi Pendidikan Matematika. Kegiatan pendampingan persiapan untuk lomba ini dilaksanakan bersama oleh kedua prodi tersebut. Dari 6 tim yang dikirimkan oleh USD tersebut, memang tidak ada yang berhasil menembus tahap 2. Akan tetapi, dalam lomba MAG-D ini juga diberikan penghargaan bagi mereka yang meraih skor individu terbaik dalam seleksi tahap 1. Sertifikat medali emas diberikan kepada 10% peserta dengan skor individu tertinggi, lalu 20% peserta dengan skor tertinggi berikutnya mendapatkan medali perak, dan 30% tertinggi berikutnya mendapatkan medali perunggu.

Hasilnya ada tujuh mahasiswa USD yang mendapatkan sertifikat medali, dengan rincian dua medali emas dan lima medali perunggu. Yudha Widianto (mahasiswa prodi Matematika angkatan 2018) dan Laurentius Anindito Wisnu Susanto (mahasiswa prodi Pendidikan Matematika angkatan 2018) yang berhasil meraih medali emas, dengan mereka berturut-turut berada di peringkat 12 dan 13 dari total 138 orang peserta. Selain itu lima orang mahasiswa USD yang berhasil meraih perunggu adalah Catherine Richelle Hindarto (Pendidikan Matematika 2020), Adriana Griselda (Matematika 2020), Filipus Kevin Hendar Saputra (Pendidikan Matematika 2019), Egreta Dwindra Maulida (Matematika 2019), dan Theresia Astika Pramudita (Pendidikan Matematika 2019).
Proficiat kepada ketujuh mahasiswa ini atas prestasi yang mereka capai! Pencapaian dari para mahasiswa USD ini tentu saja merupakan prestasi yang cukup membanggakan, apalagi lomba pemecahan masalah yang diadakan ITB ini merupakan salah satu lomba yang cukup sulit untuk bidang matematika dan juga diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa dari perguruan tinggi papan atas di Indonesia. Semoga prestasi mereka dapat menginspirasi para mahasiswa USD yang lain untuk dapat berprestasi dalam berbagai lomba tingkat mahasiswa dalam berbagai bidang, baik untuk tingkat regional, nasional maupun internasional.

(RA)

  kembali