USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Webinar JPMIPA DAYS 2022: “How to Use the Opportunity to Achieve the Goal”

diupdate: 3 bulan yang lalu




Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) Universitas Sanata Dharma (USD) yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) PMIPA pada hari Sabtu, 2 April 2022 menyelenggarakan Webinar JPMIPA DAYS 2022 secara virtual dengan Zoom dan ditayangkan secara langsung di kanal Youtube HMJPMIPA USD. Kegiatan yang dimoderatori oleh Gaby Latuva (mahasiswa Pendidikan Fisika USD) ini mengundang 2 pembicara yaitu Dr. Marcellinus Andy Rudhito S.Pd. (Ketua Program Studi S2 Pendidikan Matematika USD) dan Budi Wijayanto (Founder dan Master Trainer Budi Wijaya Training & Consulting).

Catherine Richelle Hindarto, Ketua Panitia webinar yang berasal dari Program Studi Pendidikan Matematika, menyampaikan bahwa webinar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan JPMIPA DAYS 2022 dari lingkup internal maupun eksternal JPMIPA, dengan mengusung subtema “How to Use the Opportunity to Achieve the Goal”. Ia berharap setelah mengikuti webinar bisa memiliki semangat, motivasi, ilmu, maupun pengalaman yang baru di dalam mewujudkan dan memanfaatkan seluruh kesempatan yang dimiliki demi menggapai cita-cita atau target yang telah ditentukan. Maria Suci Apriani, S.Pd., M.Sc. selaku Wakil Ketua Program Studi S1 Pendidikan Matematika menambahkan dalam sambutannya bahwa kesempatan tanpa persiapan tidak akan bisa mencapai kesuksesan.

Dr. Marcellinus Andy Rudhito S.Pd. sebagai pembicara pertama menyampaikan materi bertajuk “Kesempatan demi Cita-cita”. Ia mengawali paparannya dengan memutar video klip Lentera Jiwa yang dibawakan oleh penyanyi Nugie, lentera jiwa ini bisa diandaikan sebagai passion. Passion adalah gairah besar untuk melakukan sesuatu yang ia sukai yang dianggap penting. Sebagai calon sarjana pendidikan yang akan berkecimpung di dunia pendidikan, ternyata banyak dari peserta webinar ini yang memiliki passion tidak sesuai jurusan kuliah yang diambil. Dengan mentimeter, Ketua Program Studi S2 Pendidikan Matematika ini juga melakukan survei untuk kesempatan apa saja yang dimiliki oleh peserta. Kesempatan yang bisa dimiliki semua orang adalah kesempatan untuk hidup, sehat, belajar, bekerja, dan bahagia. Jadilah dirimu sendiri, ikuti lentera jiwamu!

Sementara itu Budi Wijayanto sebagai pembicara kedua sangat mengapresiasi kesantunan panitia ketika menghubunginya kali pertama untuk menjadi narasumber di webinar ini. Materi yang disampaikan pada kesempatan ini bertajuk "Sew Your Dreams, Grab Your Future", mengambil momen kemajuan era digital yang berkembang pesat, untuk masa depan dipastikan pekerjaan manusia di saat ini bisa tergantikan oleh robot, namun di masa depan akan tercipta pekerjaan-pekerjaan baru yang identik hanya manusia yang bisa melakukan. Persaingan di dunia kerja juga meningkat sehingga setiap individu perlu skill manusia yang mumpuni, inilah soft skill yang membedakan manusia dengan robot. Salah satunya adalah kesantunan yang tadi sudah disampaikannya  di awal. Ia menambahkan bahwa satu mata kuliah khusus yang sangat berperan besar untuk mendukung karir sebagai calon guru adalah pengajaran mikro (micro teaching). Inilah ciri khas kuliah di keguruan dan ilmu pendidikan.

(MDS)

  kembali