USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Mahasiswa PMat USD Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Melalui Kegiatan English Club

diupdate: 4 bulan yang lalu




Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar di dunia. Sebagian besar sumber ilmu pengetahuan tertulis dalam bahasa Inggris. Segala bentuk kegiatan, demi memajukan bangsa, di tingkat internasional sudah pasti melibatkan bahasa Inggris dalam berkomunikasi. Sehingga kemampuan berbahasa Inggris dirasa ”wajib” untuk dimiliki di kalangan masyarakat dalam suatu negara. Dengan kemampuan berbahasa Inggris, warga Indonesia dapat membangun jalinan persahabatan di berbagai bidang dengan dunia luar dikarenakan komunikasi dapat berjalan lancar dari kedua belah pihak.

Kemampuan berbahasa perlu diajarkan dan dipraktikkan sejak dini. Salah satu langkah pemerintah untuk mewujudkan hal tersebut adalah dengan memberikan pendidikan Bahasa Inggris pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi. Dibutuhkan tenaga pendidik yang mumpuni dalam mengajarkan Bahasa Inggris kepada peserta didik. Pada kesempatan ini, mahasiswa Pendidikan Matematika (PMat) Universitas Sanata Dharma (USD) khususnya angkatan 2018 dibekali pengetahuan akan Bahasa Inggris melalui salah satu program kerja milik Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, yaitu English Club, yang didukung penuh oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma. Pada English Club periode 2 yang dilaksanakan pada bulan September 2021 hingga November 2021 secara daring ini, mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2018 semester 7 yang akan segera memasuki dunia pekerjaan diberikan pelatihan oleh para tutor dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sanata Dharma.

Dengan mengikuti kegiatan English Club ini, mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2018 yang sedang menempuh semester 7 harapannya memiliki bekal yang cukup untuk mengajar di sekolah-sekolah Internasional khususnya pada mata pelajaran matematika itu sendiri. Peserta English Club ini diajarkan kosakata-kosakata matematika, frasa, beserta cara pengucapannya untuk 4 materi matematika yaitu: Derivative Function, Integral, Trigonometry, dan Geometry. Tak lupa mereka juga mempelajari Parts of Speech dan Job Interview. Untuk mengakhiri kegiatan English Club ini, peserta English Club diminta untuk membuat video pengajaran matematika dalam Bahasa Inggris. Berdasarkan penilaian tutor, dipilih 2 video terbaik yang dapat dilihat pada kanal Youtube Pendidikan Matematika USD.

(FMS & MDS)

  kembali