USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Lantik Lulusan PSPPI Angkatan I Periode 2

diupdate: 1 minggu yang lalu




Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Selasa, 14 September 2021 melakukan Pelantikan Insinyur. Pelantikan ini merupakan pelantikan Angkatan I Periode 2 Tahun Akademik 2020/2021, pelantikan Periode 1 telah dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2021. Acara pelantikan diselenggarakan secara campuran, secara luring di Kampus III USD dengan mematuhi protokol kesehatan dan secara daring melalui akun Zoom, serta disiarkan langsung melalui kanal YouTube Humas USD.

Acara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Sanata Dharma, dan Hymne Persatuan Insinyur Indonesia. Kemudian dilanjutkan laporan dari Wakil Dekan II FST USD, Dr. Ir. I Gusti Ketut Puja, S.T., M.T. yang menyampaikan bahwa pada periode ini terdapat 9 peserta, terdiri dari 6 orang laki-laki dan 3 orang perempuan, dengan rentan usia tertua 56 tahun sedangkan termuda 43 tahun. Dengan demikian PSPPI FST USD telah melantik 18 insinyur baru. Salah satu peserta mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yang pernah diraih oleh peserta PSPPI USD dengan nilai IPK 3,94 yang dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude atau lulus dengan pujian.

Rektor USD, Johanes Eka Priyatma, M. Sc., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa negara sedang gencar membangun pada aspek infrastuktur, kehadiran insinyur bidang engineering sangat dibutuhkan sebagai salah satu bentuk tanggung jawab akuntabilitas kepada masyarakat. Rektor juga menyampaikan bahwa keinsinyuran menyangkut tiga realitas yaitu Regulasi, Kompetensi, dan Formalisasi, ketiga hal tersebut diharapkan untuk dihidupi secara cerdas dan kreatif agar tidak jatuh di salah satu realitas tersebut. Semoga pelantikan insinyur membantu para insinyur baru untuk memaknai pelantikan secara lebih mendasar khususunya, bagaimana  kompetensi yang dimiliki diletakkan pada konteks regulasi pemerintah supaya jatuhnya tidak berupa formalisme yaitu hanya menambah gelar pada nama, namun harus menempatkan ketiga realitas tersebut dalam porsi yang tepat. Diharapkan mempunyai kontribusi yang semakin meluas dan mendalam, sehingga apa yang dijalani juga berkembang dan terus berkontribusi kepada masyarakat.

Sekretaris LL Dikti Wilayah V, Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H. menyampaikan selamat kepada para peserta pelantikan insiyur dan diharapkan dapat menjalin hubungan baik serta menjaga nama baik kampus tercinta Universitas Sanata Dharma, semoga setelah terjun ke masyarakat dapat mengimplementasikan dan mengobarkan ilmu dan kompetensi yang sudah dimiliki, sehingga nantinya Universitas Sanata Dharma beserta para lulusannya dapat lebih unggul, humanis, dan bermartabat. Sementara itu, Dr. Ir. Heru Dewanto, S.T., M.Sc. (ENG), IPU, ASEAN ENG. selaku Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) menyampaikan bahwa gelar tidaklah cukup sehingga kita perlu memahami lebih jauh lagi mengenai keinsinyuran dan bagaimana mengamalkannya. Lebih lanjut Ketua Umum PII menyatakan bahwa produk dari karya para insiyur adalah inovasi termasuk inovasi teknologi, di mana inovasi merupakan sumber dari kemajuan, sumber kesejahteraan, dan sumber kejayaan yang bisa dilihat perubahan socienty dari masa ke masa yang tentunya merupakan inovasi dan temuan yang dilakukan oleh para insiyur.

Acara inti dari pelantikan insinyur diawali dengan pengambilan sumpah insinyur dengan pembacaan Kode Etik Insinyur Caturkarsa Sapta Dharma oleh Ketua Umum PII dan diikuti oleh seluruh peserta. Acara dilanjutkan pernyerahan sertifikat profesi insinyur, penyematan helm, dan penyerahan pin Alumni USD. Terakhir, penandatanganan Kode Etik Insinyur dan Panca Prasetya Alumni Sanata Dharma di hadapan Rektor USD dan Sekretaris Ikatan Alumni USD, disaksikan oleh Ketua Umum PII.

(ERDW & KLM)

  kembali