USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Studium Generale "Fear Can Spread as Fast Corona Virus"

diupdate: 4 tahun yang lalu




Rabu (28/10) Program studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma (USD) menyelenggarakan Studium Generale dengan tema “Fear Can Spread as Fast Corona Virus”. Acara ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Humas USD mulai pukul 09.00 WIB. Menghadirkan dua pembicara yaitu Dr. Tjipto Susana, M.Si, Psi yang merupakan dosen program studi Psikologi USD dan dr. Jodi Visnu, MPH sebagai konsultan Health Marketing and Health Philantrophy, serta moderator yaitu Ag. Krisna Indah Marhaeni, M.A yang merupakan dosen program studi BK USD.

Acara Studium Generale dibuka dengan sambutan Wakil Dekan I FKIP Paulus Kuswandono, Ph.D dan dilanjutkan dengan sambutan Kaprodi BK USD Dr. Yohanes Heri Widodo. Pemaparan pertama materi Studium Generale oleh dr. Jodi Visnu, MPH yang menjelaskan mengenai potensi penularan virus Covid-19 dan kondisi pandemi terkini di Yogyakarta dan Indonesia. Dokter Jodi juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan karena tidak hanya berdampak bagi diri sendiri tetapi juga orang lain.

Selanjutnya Dr. Tjipto, M.Si, Psi Susana menjelaskan penyebab seseorang stres atau cemas, bahwa sebenarnya yang membuat manusia stres bukan dikarenakan pandemi itu sendiri, tetapi lebih tertekan dikarenakan tidak bisa melakukan hal-hal yang biasanya dilakukan, maka merasa tertekan atau stres. Beliau pun menjelaskan cara-cara menghadapi dan mengatasi stres. Apabila membutuhkan pertolongan dari pihak yang lebih berpengalaman atau profesional, dapat menghubungi psikolog atau konselor terdekat.

Studium Generale diakhiri diskusi, peserta dapat mengajukan pertanyaan melalui room chat di Zoom Meeting dan live chat kanal YouTube Humas USD.

(DBS & GN)

  kembali