USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Membuka Program Studi Program Profesi Insinyur

diupdate: 3 minggu yang lalu





Universitas Sanata Dharma (USD) membuka Program Studi baru yaitu Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI), pembukaan dilaksanakan pada hari Selasa 13 Oktober 2020 di Ruang Kadarman Kampus II USD dan melalui aplikasi zoom, serta disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube SadharTv. PSPPI merupakan program studi yang menginduk pada Fakultas Sains dan Teknologi (FST) USD. Acara ini dihadiri oleh Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Akt. sebagai Kepala LLDIKTI Wilayah V, Ketua Persatuan Insinyur Indonesia, Rektor USD, Dekan FST USD, dosen di lingkungan FST USD, narasumber kuliah perdana, mahasiswa baru PSPPI FST USD, dan tamu undangan.

Acara pembukaan PSPPI USD ini diawali dengan doa dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama dari Rektor USD, sambutan yang kedua dari Kepala LLDIKTI Wilayah V, sambutan yang ketiga dari Ketua Persatuan Insinyur Indonesia. Dalam sambutannya Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. selaku Rektor USD menyampaikan bahwa dibukanya PSPPI USD sejalan dengan visi dan misi USD, ia juga menambahkan bahwa tujuan pokok dibukanya PSPPI USD adalah untuk menghasilkan insinyur yang tidak hanya memiliki kompetensi tinggi dan memadahi namun juga untuk terbangunnya integritas, moralitas, dan tanggung jawab terutama terkait dengan keselamatan dalam menjaga martabat publik. Pembukaan PSPPI USD secara simbolik dilakukan dengan pemukulan gong oleh Rektor USD didampingi oleh Ir. Petrus Kanisius Purwadi, M.T. selaku Ketua Program Studi PSPPI. Sebelum dilakukan pemukulan gong Dekan FST USD, Sudi Mungkasi, Ph.D. membacakan surat izin operasional PSPPI USD.

Acara pembukaan ini dilanjutkan dengan kuliah perdana oleh Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc., IPU, ASEAN. Eng. selaku narasumber dan Damar Wijaya, S.T., M.T., Ph.D selaku moderator. Prof Djoko memberikan materi dengan tema “Membentuk Insinyur  Cerdas dan Humanis yang Berwawasan Masa Depan” yang mengulas mengenai peran dan tanggung jawab sebagai seorang isinyur dalam membentuk karakter yang cerdas dan humanis. Prof Djoko juga menyampaikan pesan bahwa profesi insinyur wajib bekerja profesional agar mampu menjadi cerdas dan humanis serta menghasilkan karya yang unggul sehingga adaptif terhadap kebutuhan kemanusiaan dan lingkungan. Kuliah perdana dilanjutkan dengan tanya jawab dari para peserta.

(MAA & BGP)

  kembali