USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

The 9th Graduate Students Conference: “Language in the Digital Age”

diupdate: 3 minggu yang lalu



Sabtu (10/10), Magister Kajian Bahasa Inggris (MKBI) Universitas Sanata Dharma (USD) menyelenggarakan The 9th Graduate Students Conference (GSC) dengan tema “Language in the Digital Age”. Acara ini merupakan konferensi yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom. Konferensi ini dimulai dari pukul 08.00-12.00 WIB dan dihadiri oleh mahasiswa dan dosen MKBI USD, maupun peserta dari luar USD.

Acara tersebut diawali dengan beberapa sambutan yaitu: Johan Tobias Kristiano selaku Ketua Panitia GSC; Paulus Sarwoto, Ph.D. selaku setua Program Studi MKBI USD; dan Dr. G. Budi Subanar, S.J. selaku Direktur Program Pascasarjana USD. Acara ini dimoderatori oleh Reta. Dalam sesi pleno, konferensi dibuka oleh pembicara utama yaitu Ibu Dr. Phil. Lucia Dwi Krisnawati, S.S., M.A. yang merupakan dosen Natural Language Processing, Universitas Kristen Duta Wacana, membahas mengenai linguistik di era digital. Istilah korpus dalam kajian linguistik yaitu kumpulan data dari teks. Dalam dunia kebahasaan, baik dalam pengajaran ataupun penelitian, korpus atau korpora sangat bermanfaat. Penggunaan korpus antara lain untuk penerjemahan, linguistik forensik, dan analisis wacana. Linguistik korpus adalah metode yang menggunakan korpus untuk menyelidiki fenomena linguistik yang menarik serta untuk menemukan pola yang berguna dalam data. Selain itu, terdapat bidang interdisipliner yang berkaitan dengan pemodelan statistik dan logis bahasa alami dari perspektif komputasi yang disebut linguistik komputasi. Penerapan linguistik komputasi meliputi information retrieval, speech recognition, dan machine translation.

Setelah pemaparan dari pembicara utama, terdapat sesi tanya jawab. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sesi paralel. Dalam konferensi ini terdapat lima ruang paralel di mana mahasiswa mempresentasikan paper/hasil tulisannya kepada para audiens. Topik dari paper yang dibawakan bervariasi, mulai dari literatur, pengajaran bahasa, terjemahan, sampai linguistic, dan teknologi. Beberapa paper juga mengangkat isu terkini seperti Covid-19 dan pidato State of the Union 2020 Donald Trump. Di akhir setiap presentasi, host memberikan kesempatan untuk peserta bertanya dan berdiskusi dengan presenter. Acara konferensi kemudian ditutup oleh moderator/host pada tiap ruang paralel.

(TNU & DBS)

  kembali