USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Peduli Covid-19, Teknik Elektro USD Serahkan Bantuan Hand Sanitizer dan Bak Cuci Tangan Otomatis

diupdate: 4 minggu yang lalu





Berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Sanata Dharma (USD) melalui Program Studi Teknik Elektro melakukan pengabdian dengan memberikan bantuan 19 hand sanitizer otomatis dan 4 bak cuci tangan otomatis kepada masyarakat. Hand sanitizer dan bak cuci tangan otomatis ini adalah hasil karya kolaborasi antara dosen dan mahasiwa Teknik Elektro USD. Kegiatan pemberian bak cuci tangan otomatis dilaksanakan selama empat hari, yaitu tanggal 6-10 Agustus 2020 sedangkan pemberian hand sanitizer otomatis dilaksanakan selama 7 hari dari tanggal 23-30 Juli 2020.

Proses perencanaan, pembuatan, dan perakitan hand sanitizer otomatis dan bak cuci tangan otomatis selama satu bulan. Empat bak cuci tangan otomatis dan hand sanitizer otomatis didistribusikan kepada Puskesmas, Sekolah Dasar, kantor kecamatan, dan ruang layanan publik sekitar USD. Tim dosen Teknik Elektro USD yang terlibat dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah Wiwien Widyastuti, S.T., M.T.; Dr. Iswanjono; Ir. Th. Prima Ari Setiyani, M.T.; Damar Widjaja M.T. Ph.D.; A. Bayu Primawan, D.Tech.Sc.; Dr. Linggo Sumarno; B. Djoko Untoro Suwarno, M.T.; Martanto, S.T., M.T.; Ir. Tjendro, M.Si.; dan Petrus Setyo Prabowo, S.T., M.T. Selain dosen, mahasiswa Teknik Elektro USD juga terlibat dalam pembuatan alat tersebut.

Tim dosen Teknik Elektro USD menyampaikan bahwa bantuan hand sanitizer otomatis dan bak cuci tangan otomatis ini diharapkan mampu membantu masyarakat sekitar untuk mencegah penularan Covid-19. Keterlibatan mahasiswa Teknik Elektro USD dalam pembuatan alat tersebut bisa menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menerapkan teori pembelajaran di perkuliahan, sehingga siap untuk menghadapi dunia kerja.

(MHH & BGP)

  kembali