USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Menerima Kunjungan Studi Banding dari UIN Sunan Ampel Surabaya

diupdate: 5 bulan yang lalu




Kelompok Studi Kupu-kupu (KSK) Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Sabtu, 29 Februari 2020 menerima kunjungan studi banding dari Kelompok Studi Entomologi (KSE) KUTRIK dari program studi Biologi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya. Studi banding yang dilakukan di Kampus III USD ini bertujuan untuk saling bertukar informasi terkait dengan gerakan konservasi dan penelitian yang dilakukan oleh kedua belah pihak. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi salah satu sarana pengembangan masing-masing kelompok studi terkait bidang yang sedang dikonservasi.

KSK merupakan kelompok studi mahasiswa di bawah manajemen laboratorium Pendidikan Biologi USD yang fokus melakukan konservasi kupu-kupu. Kelompok studi ini berdiri pada tahun 2018 dan bertujuan untuk mengajak dan memberi wadah bagi mahasiswa Pendidikan Biologi dan juga civitas akademika USD untuk belajar dan mengembangkan konservasi kupu-kupu yang ada di wilayah Yogyakarta, terutama di sekitar lingkungan Kampus III USD. Sebelumnya, KSK telah melakukan pengamatan dan penelitian terkait spesies kupu-kupu untuk mengembangkan Rumah Metamorfosis yang ada di Kampus III USD. Selain itu, KSK USD juga pernah melakukan edukasi kupu-kupu bersama dengan anak-anak dari SD Negeri Timbulharjo pada 2018.

Kegiatan studi banding ini diawali dengan sambutan dari Ketua KSK Pendidikan Biologi USD, Valensia Anggia Putri, mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2017 dan dilanjutkan dengan berkeliling ke lokasi pengamatan dan penelitian kupu-kupu oleh KSK USD. Rombongan KSE KUTRIK UIN Sunan Ampel bersama KSK USD berkeliling ke Kebun Farmasi dan Rumah Metamorfosis. Kebun Farmasi merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki oleh USD dan menjadi salah satu tempat pengamatan kupu-kupu oleh teman-teman KSK karena banyak spesies kupu-kupu yang dijumpai di Kebun Farmasi, seperti Pachliopta aristolochiae, Papilio memnon, Troides helena, dan spesies lainnya.

Setelah mengamati spesies kupu-kupu di Kebun Farmasi, teman-teman dari UIN Sunan Ampel juga berkesempatan melihat Rumah Metamorfosis yang dimiliki oleh USD. Rumah Metamorfosis dikelola langsung oleh teman–teman KSK USD. Di rumah metamorfosis tersebut dapat dijumpai tanaman bunga yang menjadi tanaman inang maupun pakan kupu-kupu, bangunan rering, lemari display spesimen kupu-kupu, dan beberapa spesies kupu-kupu yang hidup di sana.

Valen selaku Ketua KSK USD berharap agar kegiatan studi banding ini menjadi salah satu motivasi bagi mahasiswa USD, terutama mahasiswa anggota KSK untuk ikut dan terus menggalakkan konservasi lingkungan. Kegiatan konservasi juga diharapkan dapat mendukung pengetahuan dan keterampilan di luar kelas bagi mahasiswa Pendidikan Biologi sebagai calon pendidik, sesuai dengan motto Program Studi Pendidikan Biologi USD "Biolog Tangguh Pencerdas Bangsa".

(FBA)

  kembali