USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Kuliah Umum Formasi Cerdas Humanis: “Jiwa Muda Universitas Sanata Dharma Mekar dan Merekonsiliasi”

diupdate: 1 bulan yang lalu




Sabtu (22/2), Universitas Sanata Dharma (USD) menyelenggarakan Kuliah Umum Formasi Cerdas Humanis di Auditorium Driyarkara, Kampus 2 USD. Kuliah umum yang bertema ‘Jiwa Muda Universitas Sanata Dharma Mekar dan Merekonsiliasi’ ini merupakan pengganti program Pendidikan Pengembangan Kepribadian Mahasiswa Baru (PPKMB) yang sekarang berubah menjadi Formasi Cerdas Humanis (FCH). Kuliah umum ini dihadiri oleh beberapa pembicara dan narasumber yaitu Romo Angga Indraswara, S.J., B.A., M.Hum.; Romo Heri Setyawan, S.J., S.S., M.A.; dan beberapa mahasiswa USD: Gaby dari program studi (Prodi) Psikologi, Gaby dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Viki dari Prodi Teknik Elektro, dan Thomas dari Prodi Manajemen untuk membagikan pengalamannya saat berkuliah di USD. Acara ini dipandu oleh Christina Kristiyani, M.Pd., Ph.D sebagai moderator, dan diikuti oleh 2633 mahasiswa angkatan 2019.

Tujuan diadakannya acara ini yaitu untuk memperkenalkan dan mengembangkan Pedagogi Ignasian yang menjadi landasan pembelajaran Sekolah Jesuit di seluruh dunia. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk mengambil konteks inspirasi Serikat Jesuit yaitu cerdas dan humanis yang merupakan semboyan USD. Selama kuliah umum ini dilaksanakan, Gilang Penggalih dan Grace Shinta menjadi MC (Master of Ceremony) yang juga merupakan mahasiswa USD.

Para Mahasiswa angkatan 2019 tersebut saat mengikuti kuliah umum dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama diikuti oleh mahasiswa dari Fakultas Ekonomi, Prodi Pendidikan Fisika, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Prodi Pendidikan Ekonomi, Prodi Pendidikan Akuntansi, dan Prodi Pendidikan Sejarah. Sesi kedua diikuti oleh mahasiswa dari Fakultas Sastra, Fakultas Psikologi, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Bimbingan dan Konseling, dan Prodi Pendidikan Keagamaan Katolik. Sesi ketiga diikuti oleh mahasiswa dari Fakultas Sains & Teknologi dan Fakultas Farmasi.

Rangkaian acara kuliah umum, pertama dibuka oleh Romo Heri yang menjelaskan tentang sejarah awal pembentukan Pedagogi Ignasian yang sekarang menjadi landasan pembelajaran di Sekolah Jesuit di seluruh dunia, termasuk USD. Romo Heri menyampaikan bahwa mahasiswa USD merupakan mahasiswa yang terpilih menjadi salah satu mahasiswa dari Sekolah Jesuit yang patut dibanggakan. Kuliah dilanjutkan oleh Romo Angga yang menjelaskan mengenai isi buku Formasi Cerdas Humanis. Romo Angga juga menyampaikan suatu kata mutiara dalam bahasa latin yaitu ‘Ad Maiora Natus Sum’ yang maknanya bahwa ‘Aku dilahirkan untuk hal-hal yang lebih besar’. Acara dilanjutkan dengan sharing refleksi dari beberapa mahasiswa yang terpilih untuk membagikan pengalamannya selama kuliah di USD.

Saat sesi kuliah umum berakhir, semua mahasiswa diminta untuk berdiri dan saling memberikan kata penyemangat terhadap satu sama lain agar kuat dalam menjalani kehidupan perkuliahan yang berbeda dengan masa SMA. Acara ditutup dengan bernyanyi bersama lagu Tulus yang berjudul ‘Manusia Kuat’.

(GN & DBS)

  kembali