USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Lomba dan Pameran Fotografi oleh UKM Lens Club USD

diupdate: 4 tahun yang lalu



Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fotografi Lens Club Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan lomba dan pameran fotografi hasil kolaborasi USD dengan UKM Fotografi Lens Club sebagai bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-64 USD. Kegiatan yang bertema “Abhyaksa” ini diadakan di Bentara Budaya Yogyakarta pada Rabu, 13 November 2019. Tema tersebut diambil dari Bahasa Jawa yang berarti ketaatan.

“Fotografi adalah sebuah karya seni yang menjadi bagian dari budaya alam. Kamera membentuk karya yang unik dan tidak bisa tergantikan walaupun zaman sudah berubah.” tutur Bapak Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. selaku Rektor USD saat membuka pameran.

Lomba yang diadakan terbuka untuk umum dan lomba tidak dipungut biaya apapun. Peserta dibagi menjadi dua kategori di antaranya ada kategori pelajar yaitu SMA/SMK Sederajat dan mahasiswa yang berdomisili di D.I Yogyakarta dan sekitarnya yaitu Solo, Semarang, Purwerejo, Magelang, Klaten. Bentuk pendaftaran berupa pengumpulan biodata diri dan maksimal karya foto yang dikirimkan adalah dua foto.

Lomba ini menyeleksi 112 foto dengan rincian, 66 fotografer, 54 mahasiswa dan 12 orang pelajar. Foto yang lolos untuk dipamerkan ada sebanyak 37 pameris dengan 61 foto, dipamerkan dari tanggal 13 November - 19 November di Bentara Budaya Yogyakarta. Juri yang terlibat dalam penilaian lomba tahun ini adalah Bapak Ouda Teda Ena (Wakil Rektor IV USD sekaligus pendamping Lens Club), Agung Tosar (pegawai Fuji Film), dan Magnus (wartawan Kompas).

Penilaian dan kriteria dalam lomba foto sudah dipersiapkan dengan baik dari panitia dan panitia mempunyai ketentuan sendiri tentang warna foto dan makna yang disampaikan. Hal ini untuk membantu para juri dalam memberikan penilaian terhadap karya foto para peserta.

“Pameran ini menjadi sarana apresiasi bagi para fotografer dan diharapkan untuk memberikan suasana yang berbeda dengan menikmati karya foto di sini.” tutur Albertus Sri Dewa sebagai ketua panitia. Dewa juga menambahkan bahwa semoga tahun depan tingkat peserta kategori pelajar lebih banyak lagi yang terlibat dalam lomba yang diadakan.

(MHH & PIJL)

  kembali