USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Dies Natalis ke-23 Fakultas Psikologi USD: “KOMUNIKA KULTURA”

diupdate: 5 tahun yang lalu



Dua puluh tiga tahun sudah usia Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma (USD) saat ini. Hingga tahun 2019 saat ini, berdasarkan data yang ada, Fakultas Psikologi USD masih menunjukan eksistensinya dengan beberapa indikasi. Indikasi pertama (1) Tingginya minat lulusan SMA untuk masuk di Fakultas Psikologi USD, 150 orang dari 3090 pendaftar berhasil menjadi bagian dari keluarga besar Fakultas Psikologi USD. Indikasi kedua (2) kecukupan jumlah tenaga pendidik di Fakultas Psikologi. Sebanyak 25 orang dari 26 dosen menjadi dosen tetap yang aktif. Penguatan dalam kuantitas dosen ini juga dilengkapi dengan peningkatan kualitas, dilihat 3 orang dosen berhasil menyelesaikan tugas belajar S3-nya. Mereka adalah : (1) Dr. V. Didik Suryo Hartoko, M.Si, lulus dari Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada dengan minat keahlian Psikologi Sosial; (2) Dr. Agnes Indar Etikawati, M.Si,. Psi, lulus dari Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran, dengan minat keahlian di bidang Psikologi Perkembangan Anak; dan (3) M.M. Nimas Eki Suprawati, M.Si., Psi, lulus dari Jurusan School of Education dari Murdoch University, Australia, dengan minat keahlian Psikologi Pendidikan. Pada tahun 2019 juga, Fakultas Psikologi USD berhasil meraih berbagai prestasi baik prestasi mahasiswa maupun prestasi para dosen. Prestasi ini sebagai bentuk nyata ‘Wujud Cinta dalam Karya’ yang menjadi tujuan Fakultas Psikologi, berdasarkan visi dan misi fakultas yaitu, menghasilkan sarjana psikologi, menghasilkan karya ilmiah, menghasilkan layanan psikologis, serta menjadi organisasi fakultas yang cerdas dan humanis. Berbagai prestasi tersebut baik mahasiswa maupun dosen dibagi menjadi kategori pendidikan, penelitian, serta pengabdian masyarakat, terhitung mulai Oktober 2018 hingga September 2019.

Sebagai bentuk rasa syukur atas bertambahnya usia dan melimpahnya anugerah yang telah diterima, Fakultas Psikologi USD mengadakan misa syukur pada Rabu, 25 September 2019. Misa ini diadakan di Kampus III Paingan yang dipimpin oleh Romo Yohanes Ardianto Dwi Mulyanto, SJ dan Romo Hedi Bosong SMM. Setelah misa syukur, perayaan dies natalis dilanjutkan dengan pemaparan oleh Dekan Fakultas Psikologi USD berkaitan dengan perjalanan Fakultas Psikologi selama satu tahun ke belakang, maupun perencanaan Fakultas Psikologi untuk tahun berikutnya. Acara ini juga dihadiri oleh Rektor USD Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D; beberapa dosen dan dekan dari berbagai fakultas di USD, serta seluruh keluarga Fakultas Psikologi USD, baik seluruh dosen, karyawan, serta mahasiswa Fakultas Psikologi.

Perayaan Dies Natalis ke-23 Fakultas Psikologi USD ini mengangkat tema “Komunika Kultura”. Albertus Harimurti, selaku ketua panitia, menyampaikan bahwa tema tersebut dipilih karena Fakultas psikologi USD sedang berada dalam perjalanan memantapkan perwujudan kekhasan dan keunggulan yang telah dicita-citakan. Menjadi fakultas yang unggul dan khas dalam komunikasi dan budaya. Komunikasi dipilih sebagai kekhasan dan keunggulan fakultas karena dianggap sebagai modal utama untuk menjadi proffesional helper sebagaimana citra tujuan psikologi. (Supratiknya, dalam diskusi kekhasan Fakultas, 2019). Sedangkan istilah budaya di sini dimaknai sebagai pemahaman, kesadaran, dan sensitivitas terhadap kondisi lingkungan di mana individu berada. Dengan demikian, penerapan ilmu psikologi pada masyarakat Indonesia ini perlu memperhatikan unsur lokal, tempat masyarakat lahir dan dibesarkan. Sejak saat itulah frasa ‘komunikasi budaya’ dicanangkan sebagai kekhasan fakultas. Hingga kini ‘komunikasi budaya’ masih diakui dan diupayakan perwujudannya dalam berbagai aktivitas fakultas. Salah satu upaya perwujudan kekhasan komunikasi dan budaya yang sedang dirintis adalah pendirian Pusat Kajian Komunikasi dan Budaya, yang akan diresmikan dan mulai berjalan pada Januari 2020.

(DPPG & GFAN)

  kembali