USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Workshop dan Field Trip Peer Partner: Tingkatkan Keterampilan Interpreting dan Hospitality

diupdate: 5 tahun yang lalu



Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional (BKHI) Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Sabtu (7/9) dan Minggu (8/9), mengadakan workshop dan field trip untuk meningkatkan keterampilan lunak para anggota Peer Partner dalam bidang interpreting (penerjemahan) dan hospitality (keramahtamahan). Peer Partner adalah kelompok mahasiswa yang bertugas menjadi penerima tamu/buddy untuk para tamu yang datang ke USD, baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri.

Workshop pada hari Sabtu (7/9) diadakan dalam dua sesi. Pada sesi pertama, BKHI mengundang Ibu Anna Fitriati, M.Hum., dosen program studi Sastra Inggris USD, untuk menjadi pemberi materi mengenai interpreting, bertempatdi Laboratorium Multimedia 2 Kampus 1. Dengan 15 anggota Peer Partner sebagai peserta, Ibu Anna memaparkan informasi singkat mengenai interpreting dan memberikan teknik-teknik dasar agar bisa menjadi juru bahasa yang baik. Setelah itu, Ibu Lucia Kurniawati, S.Pd., M.S.M., dosen program studi Manajemen USD, menjadi pemberi materi hospitality pada sesi kedua, bertempat di Ruang K.15. Ibu Lucia memberikan penjelasan singkat mengenai delapan keterampilan hospitality, antara lain adalah Customer Service, Cultural Awareness, Culture and Language Skill, Multitasking, Attention to Details, Hazard Awareness, Teamwork and Problem Solving, dan Work Ethic and Professionalism.

Untuk mempraktekkan keterampilan yang sudah mereka dapatkan di workshop, para anggota Peer Partner mengikuti field trip pada hari Minggu (8/9). Bersama dengan para peserta Darmasiswa yang berasal dari berbagai negara, mereka mengunjungi Museum Sonobudoyo, Keraton Yogyakarta, Jalan Malioboro, dan Pasar Beringharjo.

“Meskipun singkat, keterampilan yang saya pelajari pada workshop kemarin sangat membantu saya untuk mengakrabkan diri dengan para peserta Darmasiswa.” ujar Dhira Rozaandiar, koordinator Peer Partner. “Selain itu, saya juga merasa senang karena dapat membantu mereka untuk lebih mengenal kota Yogyakarta”.

(SPP & RNS)

  kembali