USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Terima Kunjungan dari United Board for Christian Higher Education in Asia

diupdate: 5 tahun yang lalu



Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Selasa, 17 September 2019 menerima kunjungan dari United Board yang diwakili oleh Ibu Hope S. Antone sebagai Direktur Departemen Pengembangan Fakultas beserta Calvin Mok sebagai Program Associate di United Board, Hong Kong. Kunjungan ini disambut oleh Bapak Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. selaku Rektor USD; Bapak Rohandi, Ph.D. selaku Wakil Rektor 1; Ibu Eny Winarti, M. Hum., Ph.D. selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pelayanan Pendidikan; dan Bapak Markus Budiraharjo S.Pd., M.Ed., Ed.D. selaku Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal.

Pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat Rektorat, Kampus 2 USD tersebut membahas tentang penulisan karya ilmiah dan publikasinya dalam Bahasa Inggris. “Ya. Kami memiliki lima jurnal yang sudah terverifikasi oleh Pemerintah Indonesia dan semuanya dalam Bahasa Inggris.” ujar Pak Markus. Beliau berkata bahwa semua jurnal bisa diakses oleh siapa saja dan tidak ada pungutan biaya. “Konferensi berbahasa Inggris juga sering diadakan di USD dan mengundang pembicara internasional untuk hadir membicarakan tema yang diangkat.” tutur Bapak Markus lagi.

Dalam pertemuan ini juga membahas tentang kemungkinan adanya kerjasama yang dilakukan oleh United Board terkait dengan pelatihan penulisan akademik dan penelitian khususnya di Asia Tenggara. Banyak orang yang mengajukan proposal penelitian dan meminta bantuan dana kepada United Board, tetapi belum bisa dikabulkan karena adanya kendala terhadap kemampuan Bahasa Inggris.

Pertemuan ini diharapkan bisa menjadi titik awal untuk mengadakan pelatihan penulisan akademik dan penelitian dalam skala internasional. “Mungkin kami akan membuat pusat studi di Indonesia terkait dengan pelatihan Bahasa Inggris yang kemungkinan besar akan  berada di Universitas Sanata Dharma. Pelatihan Bahasa Inggris di sini sangat bagus.” tutur Ibu Hope. USD sendiri memiliki enam program yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, yaitu S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Sastra Inggris, S2 Pendidikan Bahasa Inggris, S2 Kajian Bahasa Inggris, English Extensive Course, dan Center of English for International Communication (CEIC) di Lembaga Bahasa USD.

(MHH)

  kembali