USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

USD Resmikan Laboratorium Biologi dan Kimia Modern, Kerjasama dengan Pemerintah Korea Selatan

diupdate: 6 hari yang lalu







Universitas Sanata Dharma (USD) meresmikan Laboratorium Biologi dan Kimia modern pada Jumat (6/9) di Kampus III USD, Paingan, Maguwoharjo, Kabupaten Sleman. Laboratorium berstandar internasional ini merupakan hasil kerjasama antara USD dan Pemerintah Korea Selatan melalui Sogang University yang berada di Seoul. Acara peresmian laboratorium ini dihadiri oleh tamu dari 3 pihak meliputi USD, Sogang University, dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah V Yogyakarta.

Acara peresmian ini diawali dengan misa pemberkatan gedung laboratorium yang dipimpin oleh Romo Petrus Sunu Hardiyanta, SJ selaku Romo Provinsial Provinsi Indonesia Serikat Jesus. Misa pemberkatan ini dibantu pula oleh 5 Romo konselebran, yaitu Romo A. Budi Susanto, SJ selaku Ketua Yayasan Sanata Dharma; Romo Andreas Sugijopranoto, SJ selaku Ketua Panitia Pembangunan; Romo Paulus Bambang Irawan, SJ selaku Wakil Rektor 3 USD; serta Romo Paulus Suparno, SJ; Romo Paulus Wiryono Priyotamtama, SJ; dan Romo Eko Budi Santoso selaku dosen pengajar di Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA) USD. Sebelum misa pemberkatan gedung laboratorium ditutup, dilakukan sesi penandatanganan prasasti peresmian oleh Romo Provinsial Provinsi Indonesia Serikat Jesus.

Peresmian laboratorium baru ini dilakukan secara simbolis dengan membunyikan sirine dan membuka tirai oleh Romo A. Budi Susanto, SJ selaku Ketua Yayasan Sanata Dharma dan Prof. Dr. Didi Achjari, S.E., M.Com., Ak., CA. selaku Ketua LL Dikti Wilayah V Yogyakarta, didampingi oleh tamu undangan dan pejabat struktural USD. Sebelumnya, upacara peresmian gedung laboratorium yang diawali dengan sambutan Rektor USD, Drs. Johanes Eka Priyatma, M.Sc, Ph.D. Acara dilanjutkan dengan sambutan pihak-pihak dari Korea Selatan yang mendukung pembangunan gedung tersebut, antara lain President of Sogang University, Jong Gou Park, S.T.D.; Head of Center for International Cooperation in Science and Technology, Sogang University, Prof. Wonkoo Lee; dan Director of Educational Internationalization Division, Ministry of Education (MOE), Republic of Korea, Ms. Meekyung Shin. Rangkaian sambutan ditutup dengan sambutan dari Ketua LL Dikti Wilayah V Yogyakarta.



Drs. Tarsisius Sarkim, M.Ed., Ph.D selaku Ketua Program Studi Pendidikan Kimia USD saat ditemui di sela-sela acara peresmian menyampaikan bahwa laboratorium yang dibangun di atas lahan 2400 m2 ini terdiri dari 4 lantai, meliputi Laboratorium Biologi di lantai 2 dan Laboratorium Kimia di lantai 4. Laboatorium modern ini juga memiliki instrumen-instrumen canggih untuk penelitian seperti Gas Chromatography-mass Spectrometry (GCMS), Atomic Absorption Spectroscopy (AAS), Fourier Transform Infrared Spectroscopy (FTIR), dan Spectrometer. Dengan adanya alat-alat tersebut diharapkan penelitian dapat berkembang dan terjalin kerjasama dengan industri serta instansi penelitian lain. Fasilitas lain yang disediakan antara lain Micro Teaching Room di lantai 2 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) Learning Center di lantai 1yang dapat digunakan oleh civitas akademika USD untuk sarana kolaborasi pengembangan pembelajaran dan penelitian di bidang JPMIPA maupun rekayasa teknologi dan seni.

Bapak Sarkim yang juga sebagai ketua panitia peresmian ini mengatakan bahwa dukungan pemerintah Korea Selatan yang sudah berlangsung sejak tahun 2017 ini tidak hanya terbatas dalam pembangunan dan penyediaan fasilitas laboratorium saja. Saat ini 4 orang dosen USD sedang menempuh pendidikan jenjang doktor di Sogang University dengan beasiswa dari pemerintah Korea Selatan.

(DM FBA)

  kembali