USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Opening Ceremony Dies Natalis Pendidikan Biologi USD: Membangun Relasi Menghadapi Setiap Tantangan

diupdate: 3 minggu yang lalu



Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Sabtu (24/8) menyelenggarakan Opening Ceremony Dies Natalis ke XI. Acara ini dilaksanakan di Ruang Drost Kampus 3 USD, dihadiri oleh Dr. Yohanes Harsoyo selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP), Drs. Antonius Tri Priantoro, M.For.Sc. selaku Ketua Program Studi (Kaprodi), segenap dosen, karyawan dan mahasiswa Pendidikan Biologi USD.

Acara Opening Ceremony tersebut diawali misa syukur dengan tema “Segala yang Kulakukan demi Kemuliaan Allah” yang dipimpin oleh Romo Paulus Wiryono Priyatamtama, SJ selaku dosen Pendidikan Biologi USD. Melalui tema ini, civitas akademika Pendidikan Biologi USD ditantang untuk semakin membentuk sense of mission bagi perkembangan program studi Pendidikan Biologi USD.

Program studi Pendidikan Biologi USD secara resmi dibuka pada tahun 2008. Berkat kegigihan dan semangat para civitasnya, pada penilaian akreditasi pertama, program studi ini langsung memperoleh predikat A, dan di tahun 2018, program studi ini kembali memperoleh predikat yang sama pada penilaian reakreditasi. Oleh karena itu, dalam dies natalis tahun ini, program studi Pendidikan Biologi USD juga ditantang untuk semakin membangun relasi yang kaya, hidup, dan berkembang. Relasi yang baik adalah kunci utama untuk sanggup menghadapi tantangan krisis-krisis dalam dunia pembelajaran, seperti yang disampaikan dalam khotbah misa.

Setelah misa, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan secara simbolik oleh Drs. Antonius Tri Priantoro, M.For.Sc. selaku Kaprodi Pendidikan Biologi didampingi oleh Dr. Yohanes Harsoyo selaku Dekan FKIP dan Bernadheta Rumondang Saragih selaku Ketua Panitia Dies Natalis ke XI. Pemotongan tumpeng ini merupakan simbol bahwa rangkaian kegiatan Dies Natalis Pendidikan Biologi ke XI resmi dimulai.




Pada hari yang sama, Pendidikan Biologi USD juga melaksanakan bakti sosial di Panti Asuhan Bhakti Luhur Yogyakarta yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan dies natalis tahun ini. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi dengan sesama sebagai ungkapan syukur atas usia Pendidikan Biologi yang ke-11 tahun. Acara bakti sosial yang berlangsung pada pukul 16.30 WIB ini diisi dengan kegiatan dinamika dan penampilan anak-anak Panti Asuhan Bhakti Luhur, serta penyerahan bantuan secara simbolik oleh Retno Herrani Setyati Catarina, M.Biotech. selaku Wakil Ketua Program Studi Pendidikan Biologi USD kepada pihak panti asuhan.

Kegiatan Dies Natalis Pendidikan Biologi XI ini akan berlangsung hingga bulan November 2019, meliputi: Seminar dari Badan Restorasi Gambut pada 21 September 2019 di Ruang Seminar Driyarkara, Biologi Kreasi yang merupakan lomba kreasi ilmiah untuk internal mahasiswa Pendidikan Biologi pada 5 Oktober 2019, Biology Cup antar universitas se-DIY pada tanggal 12 hingga 13 Oktober 2019, dan Lomba Karya Ilmiah Remaja tingkat SMA se-DIY pada tanggal 26 Oktober 2019. Kegiatan Dies Natalis ini akan diakhiri dengan acara Malam Puncak Dies Natalis pada tanggal 10 November 2019 di Auditorium Driyarkara USD.

(FBA)

  kembali