USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Pelatihan dan Keakraban Petugas PMB & Promosi USD 2019

diupdate: 2 minggu yang lalu



Menjadi Petugas Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan Promosi Universitas Sanata Dharma (USD) mempunyai tanggungjawab yang besar dan penuh tantangan. Sebagai garda depan universitas, mereka diwajibkan mengerti dan mengenal USD dan berusaha membuat USD dikenal di masyarakat maupun Calon Mahasiswa Baru. Pertanyaan seputar cara menjadi presenter yang baik saat presentasi dan strategi mempromosikan USD terjawab pada kegiatan "Pelatihan dan Keakraban Petugas PMB & Promosi USD 2019”. Diikuti oleh 38 peserta, Petugas PMB & Promosi USD angkatan 2018 berbagi ilmu dan pengalamannya kepada Petugas PMB & Promosi USD angkatan 2019.

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Biro Humas USD ini berlangsung selama 2 hari (3-4 Agustus 2019) di Wisma Pentingsari USD, Pentingsari, Umbulharjo, Sleman, Yogyakarta. Pada hari pertama, Petugas PMB & Promosi USD angkatan 2018 membagikan pengalaman dan tips saat bertugas ekspo dan kunjungan ke sekolah-sekolah. Kemampuan public speaking dan penguasaan materi dibagikan dalam sesi sharing kelompok-kelompok kecil. Peserta juga mempraktikkan penggunaan alat-alat ekspo seperti magic bannerroll banner, X-banner, dan penataan meja untuk stand ekspo. Selain itu, peserta juga ditantang untuk memiliki kemampuan dan kreatifitas dalam presentasi maupun pengambilan keputusan dengan tepat.

Untuk mereduksi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi ketika bertugas, baik saat bertugas di front office Kampus USD maupun saat ekspo, Petugas PMB & Promosi USD angkatan 2018 membagikan ilmu, trik, dan pengalaman mereka ketika bertugas. Sesi ini memberikan peran penting bagi Petugas PMB & Promosi USD angkatan 2019 agar sigap dalam keadaan apapun di lapangan. Agar keakraban dan kekompakan semakin nyata, dilakukan kegiatan Outbond dengan penuh semangat, canda, dan tawa yang membuat acara menjadi dinamis. “Sangat menyenangkan dan penuh keterbukaan satu sama lain di setiap sesi pelatihan, sehingga dapat tercipta keakraban.” jelas Via, salah satu Petugas PMB & Promosi USD angkatan 2019.

"Berapa banyak kata Universitas Sanata Dharma dapat ditemukan di mesin pencari (Google)? Hal ini yang menjadi tantangan kalian sebagai Petugas yang mempromosikan universitas." ujar St. Kartono pada pelatihan jurnalistik yang menjadi sesi kegiatan di hari kedua. Guru Bahasa Indonesia di SMA Kolese de Britto tersebut membagikan pengetahuan dan pengalaman dalam dunia menulis. Peserta mendapat ilmu dan trik darinya sebagai penulis profesional.

















(BSN & SW)

  kembali